Kajian Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia dan Pengaruhnya terhadap Organisasi: Sebuah Kasus Manajemen Informasi Perspektif

Hartri Sirait

Sari


Dampak kemajuan teknologi informasi membawa pengaruh kepada kegiatan organisasi, hal ini merupakan suatu hal yang sangat positif untuk dicermati agar pengaruh perkembangannya membawa kebaikan bagi organisasi. Pengaruh positif apa yang dapat diberikan oleh kemajuan teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi, merupakan suatu hal yang perlu dicermati terhadap fungsinya. Porter dalam konsep chain activity organisasi telah mengindentifikasi value activities dalam suatu organisasi/perusahaan, meliputi di antaranya pengelolaan SDM dan pengembangan teknologi, yang merupakan aktivitas penting dalam mendukung tercapainya aktivitas utama suatu organisasi. Dengan semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh personel dalam kegiatan kerja akan timbul distorsi terhadap performance kerja, sehingga perlu dicermati faktor-faktor apa yang mempengaruhi kinerja personel dalam aktivitas kegiatan organisasi. Apakah ada kaitan antara teknologi informasi dengan faktor-faktor kepemimpinan, kesejahteraan, loyalitas, pembinaan dan karir dalam mempengaruhi kinerja personel (layanan). Hal ini yang perlu pembuktiannya.


Kata Kunci


Teknologi Informasi, Sumber Daya Manusia, organisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dell, P., 1998, Proposal to Conduct Research into Industry Acceptance of, and Issues Relating to the Development of Applications for Networks of Workstations, Unpublished, Curtin University of Technology.

Irawan, H, 2002, “10 Prinsip Kepuasan Pelanggan”, Frontier, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Porter, M. E, 1985, Competitive Advantage – Creating and Sustaining Superiror Performance, The Free Press.

Porter, M. E., 1987, From Competitive Advantage to Corporate Strategy. Harvard Business Review May/June.

Sirait H, 2003, Kajian Maturitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Tingkat Sumber Daya Manusia di PPPTMGB Lemigas, Lemigas (Edisi Internal)

The IT Governance Institute, Cobit 3rd Edition, Juli 200, “Management Guidelines”, Website: www.isaca.org/pubs1.htm




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.38.3.759