Peningkatan Kinerja Pompa Air 3 Inchi Dengan Bermesin Penggerak 5,5 Hp Berbahan Bakar LPG

Faqih Supriyadi, Cahyo Setyo Wibowo, Maymuchar Maymuchar, Nanang H, Riesta Anggarani

Sari


Ada banyak jenis mesin penggerak pompa air yang digunakan untuk irigasi pertanian. Diantaranya adalah mesin penggerak pompa air berbahan bakar solar dan berbahan bakar bensin. Diantara kedua jenis mesin penggerak pompa air tersebut, yang paling banyak digunakan untuk mendukung kegiatan pertanian oleh petani kecil adalah mesin pompa air 3 inchi berbahan bakar minyak jenis bensin dikarenakan harganya yang terjangkau, mudah dibawa dan mudah dipindahkan dari tempat satu ke tempat lain. Akan tetapi, pada saat ini harga bensin dirasa terlalu mahal oleh para petani kecil dan ketersediaannya yang susah untuk didapatkan di sekitar lahan pertanian, sehingga diperlukan bahan bakar alternative yang dapat digunakan pada mesin penggerak pompa air berbahan bakar bensin tanpa merubah spesifi kasi dari mesin tersebut. Salah satu bahan bakar alternative tersebut adalah Liquefi ed Petroleum Gas (LPG) karena LPG dan bensin sama-sama memiliki sifat parameter pengujian nilai angka oktana riset (RON), bahkan LPG memiliki nilai RON lebih tinggi dibandingkan dengan bensin yang ada saat ini, sehingga LPG dapat digunakan sebagai bahan bakar substitusi bagi mesin pompa air dengan sistem pengapian spark plug (busi). Untuk dapat menggunakan LPG, pada mesin pompa air perlu dilakukan modifi kasi pada saluran bahan bakar menjadi system bi-fuel dengan menambahkan peralatan konversi (conversion kit). Adapun bahan bakar LPG yang digunakan adalah LPG 3 kg yang telah digunakan secara luas untuk masyarakat sehingga tersedia diberbagai lokasi. Untuk mengetahui kinerja pompa, kemudahan dalam pengoperasian dan faktor keselamatan bagi pengguna di sektor pertanian, diperlukan penelitian di laboratorium. Penelitian terhadap kinerja pompa air 3 inchi dengan mesin penggerak berbahan bakar LPG ini dilakukan untuk mengetahui Total Head dan Debit yang dihasilkan untuk dibandingkan dengan kinerja mesin berbahan bakar bensin RON 88 dan sebagai acuannya adalah pompa air yang digerakkan oleh motor listrik. Metode uji yang digunakan adalah SNI 0141-2009/Amd 2:2015. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kinerja pompa air 3 inchi yang digerakkan oleh mesin 5,5 hp berbahan bakar bensin 88 dan LPG tidak terjadi perbedaan yang signifi kan.


Kata Kunci


pompa air 3 inchi, LPG, peralatan konversi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chwen-Ming Yang, 2012, “Technologies to improve

water management for rice cultivation to cope

with climate change”. Crop, Environment and

Bioinformatics. vol 9., hal: 193-207.

Fibria M., Maymuchar, 2012, “Pemanfaatan

LPG sebagai Bahan Bakar Sepeda Motor dan

Karakteristik Minyak Lumasnya”. Lembaran

Publikasi Minyak dan Gas Bumi, vol.46, no.1, ,

hal:35-42.

Lawankar SM, 2013, “Infl uence of Compression Ratio

and Ignition Timing on the performance of LPG

fuelled SI engine”. SAE Technical Paper Series.

Liu W, Liu SJ, Kuang X, Sun J., 2013, “LPG/

Gasoline dual-fuel engine design and investigation

about its performance”. Applied Mechanics and

Materials. Vol. 333-335, hal: 2025-2029.

Maulana AR, Oktafri, Tusi A, 2018, “Aplikasi Irigasi

Berselang (intermittent irrigation) Pada Budidaya

Tanaman Pak Choy (Brassica Rapa L.) Dengan

Media Tanam Campuran Padatan Digestat dan

Tanah”. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan

Biosistem, vol.6, no.1, hal:76-92.

Mello P, Pelliza G, Cataluna R, Da Silva R., 2006,

“Evaluation of the maximum horsepower of

vehicles converted for use with natural gas fuel”.

Fuel, vol. 14, no.85, hal: 2180-2186.

Pitana T, Gurning ROS, Fikri F., 2017, “Modelling

of LPG ship distribution in western of Indonesia

using discrete simulation method”. International

Journal of Marine Engineering Innovation and

Research. vol. 1, no.3, hal: 128-135.

Paczuski M, Marchwiany M, Pulawski R, Pankowski

A, Kurpiel K, Przedlacki M., 2016, “Liquefi ed

Petroleum Gas (LPG) as a fuel for internal

combustion engines (book chapter)”. Alternative

Fuels, Technical and Environmental Conditions,

DOI : 10.5772/61736.

Setiyo M, Waluyo B, Anggono W, Husni M.,

, “Performance of Gasoline/LPG bi-fuel

engine of Manifold Absolute Pressure Sensor

(MAPS) variations feedback”. ARPN Journal of

Engineering and Applied Sciences, vol.11, no.7,

hal:4707-4712.

Surata IW, Nindhia TGT, Atmika IKA, 2014,

“Negara DNKP, Putra IWEP. Simple conversion

method from gasoline to biogas fuelled small

engine to powered electric generator”. Energy

Procedia, 2013 International Conference on

Alternative Energy in Developing Countries and

Emerging Economies, vol. 52, hal: 626-632.

Thoday K, Benjamin P, Gan M, Puzzolo E.,

, “The Mega Conversion Program from

kerosene to LPG in Indonesia; Lesson learned and

recommendations for future clean cooking energy

expansion”. Energy for Sutainable Development.

vol.46, hal: 71-81.

Vighnesha N, Shankar KS, Dinesha P, Mohanan P.,

, “Cycle by cycle variations of LPG-gasoline

dual fuel on a multi cylinder MPFI gasoline

engine”. Biofuels, hal: 1-8.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.52.3.726