Pengaruh Mutu Bahan Bakar Minyak Solar 48 dan 51 terhadap Pembentukan Emisi Partikulat pada Kendaraan Bermotor
Sari
Emisi partikulat (PM) adalah produk emisi dari proses pembakaran pada mesin diesel. Usaha
untuk mengurangi emisi ini salah satunya adalah perbaikan mutu bahan bakar solar. Di Indonesia
terdapat dua jenis bahan bakar solar yang diatur dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal
Minyak dan Gas, yaitu solar 48 dan 51. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh mutu bahan bakar solar yang ada di pasar domestik ini terhadap pembentukan emisi partikulat
pada kendaraan bermotor. Pengukuran emisi partikulat dilakukan pada chassis dinamometer
dengan beberapa variasi kecepatan. Kendaraan yang menggunakan solar 51 menghasilkan emisi
partikulat lebih kecil dibanding solar 48. Perbedaanya adalah 10% pada kecepatan idle, 19% pada
kecepatan 15km/jam, 15% pada kecepatan 30km/jam, 12% pada kecepatan 50km/jam dan 56%
pada kecepatan 80 km/jam. Penurunan emisi partikulat ini sangat dipengaruhi oleh mutu bahan
bakar solar dan kandungan sulfur yang rendah dimana angka setana yang tinggi akan memperbaiki
karakteristik pembakaran dan kandungan sulfur yang rendah akan mengurangi kontribusinya
dalam emisi partikulat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
ACEA, EMA, JAMA, 2006, ”Worlwide Fuel
Charter”, Desember.
Bertola AG, 2003, ”Technologies for Lowest
NOx and Particulate Emission in DI Diesel Engine
Cobustion – influence of Injection Parameters,
EGR and Fuel Composition”, dissertation
for doctor of technical sciences, Swiss Federal
Institute of Technology Zurich.
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi,
Nomor 3675 K/24/DJM/2006 tanggal 17
Maret 2006 ”Spesifikasi Bahan Bakar Minyak
Jenis Solar 48 dan 51”
Heywood, John B.,1989, ”Internal combustion
Engine Fundamentals”, McGraw-Hill International
Editions, series in mechanical engineering,
Singapore.
International Fuel Quality Center (IFQC),
, ”Comparison of EU, Japanese and U.S.
Automotive Emissions Regulations”, Special
Report.
L. Forti, N. Jeuland, S. Raux and M. Pasquereau,
, “Analysis of the Particulates Emitted
by Internal Combustion Engines”, Oil & Gas
Science and Technology – Rev. IFP, Vol. 60.
Mollenhauer K, Tschoeke H, 2010, ”Handbook
of Diesel
Engine”, Springer-Verlag Berlin
Heidelberg.
Owen Keith, Coley Trevor, 1985, “Automotive
Fuels Reference Book”, SAE Inc, Warrentale.
W. Addy Majewski, 2001, “Diesel Particulate
Filters”, www.DieselNet.com. Copyright ©
Ecopoint Inc. Revision 07b
World Health Organization, 2005, “Particulate
Matter Air Pollution: how it harms health”, Fact
sheet EURO/04/05 Berlin, Copenhagen, Rome,
April.
http://www.epa.gov/air/particlepollution, July,
DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.45.3.699