Pengaruh Mutu Bahan Bakar Minyak Solar 48 dan 51 terhadap Pembentukan Emisi Partikulat pada Kendaraan Bermotor

Maymuchar Maymuchar, Cahyo S Wibowo

Sari


Emisi partikulat (PM) adalah produk emisi dari proses pembakaran pada mesin diesel. Usaha
untuk mengurangi emisi ini salah satunya adalah perbaikan mutu bahan bakar solar. Di Indonesia
terdapat dua jenis bahan bakar solar yang diatur dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal
Minyak dan Gas, yaitu solar 48 dan 51. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh mutu bahan bakar solar yang ada di pasar domestik ini terhadap pembentukan emisi partikulat
pada kendaraan bermotor. Pengukuran emisi partikulat dilakukan pada chassis dinamometer
dengan beberapa variasi kecepatan. Kendaraan yang menggunakan solar 51 menghasilkan emisi
partikulat lebih kecil dibanding solar 48. Perbedaanya adalah 10% pada kecepatan idle, 19% pada
kecepatan 15km/jam, 15% pada kecepatan 30km/jam, 12% pada kecepatan 50km/jam dan 56%
pada kecepatan 80 km/jam. Penurunan emisi partikulat ini sangat dipengaruhi oleh mutu bahan
bakar solar dan kandungan sulfur yang rendah dimana angka setana yang tinggi akan memperbaiki
karakteristik pembakaran dan kandungan sulfur yang rendah akan mengurangi kontribusinya
dalam emisi partikulat.


Kata Kunci


solar 48, solar 51, emisi partikulat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ACEA, EMA, JAMA, 2006, ”Worlwide Fuel

Charter”, Desember.

Bertola AG, 2003, ”Technologies for Lowest

NOx and Particulate Emission in DI Diesel Engine

Cobustion – influence of Injection Parameters,

EGR and Fuel Composition”, dissertation

for doctor of technical sciences, Swiss Federal

Institute of Technology Zurich.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi,

Nomor 3675 K/24/DJM/2006 tanggal 17

Maret 2006 ”Spesifikasi Bahan Bakar Minyak

Jenis Solar 48 dan 51”

Heywood, John B.,1989, ”Internal combustion

Engine Fundamentals”, McGraw-Hill International

Editions, series in mechanical engineering,

Singapore.

International Fuel Quality Center (IFQC),

, ”Comparison of EU, Japanese and U.S.

Automotive Emissions Regulations”, Special

Report.

L. Forti, N. Jeuland, S. Raux and M. Pasquereau,

, “Analysis of the Particulates Emitted

by Internal Combustion Engines”, Oil & Gas

Science and Technology – Rev. IFP, Vol. 60.

Mollenhauer K, Tschoeke H, 2010, ”Handbook

of Diesel

Engine”, Springer-Verlag Berlin

Heidelberg.

Owen Keith, Coley Trevor, 1985, “Automotive

Fuels Reference Book”, SAE Inc, Warrentale.

W. Addy Majewski, 2001, “Diesel Particulate

Filters”, www.DieselNet.com. Copyright ©

Ecopoint Inc. Revision 07b

World Health Organization, 2005, “Particulate

Matter Air Pollution: how it harms health”, Fact

sheet EURO/04/05 Berlin, Copenhagen, Rome,

April.

http://www.epa.gov/air/particlepollution, July,




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.45.3.699