Analisis Produktivitas Sumur Diperforasi Menggunakan Persamaan Kurva IPR Aliran Dua Fase

edward tobing

Sari


Persamaan kurva Inflow Performance Relationship (IPR) yang tersedia sampai saat ini dikembangkan untuk kondisi sumur open hole. Dalam aplikasi Analissa Sistem Nodal pada sumur yang diperforasi, perhitungan kehilangan tekanan dalam lubang perforasi merupakan hal yang sangat penting. Pada saat ini persamaan yang digunakan secara luas untuk memperkirakan kehilangan tekanan melalui lubang perforasi adalah persamaan Blount, Jones dan Glaze2). Persamaan tersebut diturunkan untuk aliran satu fase (fase gas atau minyak saja), dengan demikian pemakaian persamaan tersebut tidak memadai untuk sumur produksi aliran dua fase. Dalam tulisan ini, diusulkan persamaan kurva Inflow Performance Relationship untuk sumur yang diperforasi, dan diproduksikan dari reservoir bertenaga dorong gas terlarut (aliran dua fase minyak dan gas). Persamaan tersebut dikembangkan menggunakan simulator sumur tunggal aliran dua fase (Eclipse 2001A 4)) yang dikombinasikan dengan persamaan aliran dua fase dalam lubang perforasi yang diturunkan oleh Perez dan Kelkar3). Pada rentang yang luas dari sifat batuan dan fluida reservoir serta geometri perforasi, digunakan untuk mengembangkan persamaan dengan cara statistik.


Kata Kunci


sumur diperforasi; persamaan kurva Inflow Performance Relationship (IPR); aliran dua fasa

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Brown, K.E. :The Technology of Artificial Lift

Methods, Volume IV, PenWell Publishing Company,

Tulsa, Oklahoma, 1984.

Jones, Loyd G., E.M. Blount and C.E. Glaze :Use of Short Term Multiple Rate Test to Predict Performance

of Wells Having Turbulence, SPE Paper #6133, SPE of AIME, October 1976.

Perez, G dan Kelkar, B.G.,A New Method to Predict Two Phase Pressure Drop Across Perforation, SPE-PE, February 1991, 93-101.

Reference Manual and Technical Description Eclipse 2001A, Schlumberger Eclipse Reservoir Simulation Software, 2001.

Vogel, J.W.:Inflow Performance Relationship for Solution Gas Drive Wells, Journal of Petroleum Technology, January 1968.?




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.41.2.65