SOLUSI ANALITIK TYPE CURVES DAN UJI SENSITIVITAS MODEL RESERVOIR KOMPOSIT DENGAN BATAS LUAR RESERVOIR TERTUTUP UNTUK KASUS LAJU PRODUKSI SUMUR KONSTAN

Wiwiek Jumiati, Asep Kurnia Permadi

Sari


Type curve penurunan tekanan alir dasar lubang sumur sebagai fungsi waktu untuk mengkaji efek penurunan produksi reservoir, merupakan salah satu metode analisis kinerja reservoir yang sudah luas dikenal dan digunakan dengan praktis untuk berbagai kondisi di lapangan. Penelitian ini mengangkat aspek laju produksi konstan pada sumur dan tekanan batas terluar bounded no flow atau tertutup dari reservoir terbatas yang akan dilihat pengaruhnya terhadap laju penurunan tekanan. Kenyataan menunjukan bahwa laju produksi konstan di sumur dianggap lebih praktis dilakukan di lapangan. Ide awal ini berasal dari Turkidan Demski yang berhasil membuat type curve untuk model reservoir komposit pada kasus tekanan konstan di sumur. Type curves dibuat dari hasil penurunan secara analitis dari persamaan difusivitas untuk aliran fluida satu fasa untuk model reservoir komposit. Pada penelitian ini akan diperlihatkan bagaimana aplikasi dari type curve yang mewakili suatu model reservoir komposit dengan dua region dengan pengaruh parameter mobility ratio, storativity ratio, skin pada lubang sumur dan jari-jari discontinuity. Type Curves yang dihasilkan pada studi ini dapat digunakan untuk interpretasi log log type curve matching reservoir komposit dengan batas luar terbatas.


Kata Kunci


type curve, laju produksi konstan, bounded no flow, mobility ratio, storativity ratio, skin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agarwal, R.G, Al-Hussainy, R., and Ramey, H.J., Jr. (Sept 1970): An Investigation of Wellbore Storage and Skin Effect in Unsteady Liquid Flow: I. Analytical Treatment, SPEJ 278-90.

Dake, L.P, (1979): Fundamentals of Reservoir Engineering, Elsevier Scientific Publishing Co., New York, 1978.

Damargalih, Y., (2001): Pengembangan Decline Type Curves Untuk Reservoir Dengan Water Influx atau Injeksi Air menggunakan Kondisi Batas Luar Tekanan Tertentu, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perminyakan, ITB, Bandung.

De Jong, M., (2007): Pengembangan Decline Type Curves Untuk Reservoir Dengan Strong Water Influx menggunakan Prescribed Limiting Pressure Sebagai Kondisi Batas Reservoir-Aquifer, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perminyakan, ITB, Bandung.

Demski, Jay A., (1987): Decline Curve Derivative Analysis for Homogenous and Composite Reservoirs, Stanford University, California.

Matthews, C. S. And Russel, D. G., (1967): Pressure Buildup and Flow Tests in Wells, Monograph Series, SPE of AIME, Richardson, TX.

Permadi, A. K., (2004): Diktat Teknik Reservoir, Vol 2, Fakultas Teknik Perminyakan, Institut Teknologi Bandung.

Permadi, A.K et al, (1998): Modeling Simultaneous Oil and water Flow in Reservoirs with Water Influx or Water Injection Using Single-Phase Semi-Analytical Solutions, SPE 39755, Kuala Lumpur, Malaysia.

Permadi, A.K et al, (1997): Modeling Simultaneous Oil and water Flow with Single-Phase Analytical Solution, Ph.D, Dissertation, Texas A&M University at College Station, College Station, Texas.

Rawati, H., (2006): Aplikasi Solusi Analitik Satu Fasa Radial Pada Injeksi Air Pola 5 Titik, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perminyakan, ITB, Bandung.

Turki, L. et al, (1986): Decline Curve Analysis in Composite Reservoirs, Stanford University, SPE 19316, California.

Stehfest, H, (1970): Numerical Inversion of Laplace Transforms, Communication of the ACM, No.1, 47-49. (Algorithm 368 with correction).

Van Everdingen, A. F., dan Hurst, W., (1949): The Application Of The Laplace Transformation To Flow Problems In Reservoirs, Trans AIME, Vol. 186, 305-324.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.53.1.364