Studi Penyebab Scale di Lapangan-lapangan Minyak Sumatra

Akhdan W Akhdan, Supriyadi Supriyadi, Dwi S Sartati Dewayanti

Sari


Scale merupakan problem yang banyak dijumpai sebagai salah satu penyebab beberapa masalah dalam produksi migas di Indonesia karena dapat menyebabkan: kerusakan formasi, penyumbatan pada tubing, lubang sumur atau lubang perforasi, dan penyumbatan pada pipa salur. Untuk itu dilakukan kajian penyebab terjadinya scale, teknik pencegahan dan penanganan scale pada lapangan migas yang mempunyai tendensi terbentuknya scale di kawasan P. Sumatra dengan menggunakan metodologi sebagai berikut: Survei dan pengambilan percontoh, Analisis kimia, Analisis Tendensi dan Evaluasi pemakaian scale inhibitor dan penanganan scale yang sudah terbentuk. Pendekatan dari studi meliputi pengumpulan data, sampling, pengujian laboratorium, dan tinjauan referensi. Sampling dilakukan di daerah Sumatra Selatan, termasuk pengambilan percontoh dari inhibitor yang digunakan. Analisis kimia dilakukan untuk memprediksi terjadinya scale. Uji laboratorium dilakukan untuk menguji efektivitas penggunaan scale inhibitor. Studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan metode penanganan dalam mengatasi scale. Studi ini diharapkan untuk membantu perusahaan operator minyak dan gas di daerah Sumatra dan Pemerintah Indonesia dalam menangani masalah scale dengan memilih scale inhibitor yang efektif dan sesuai dengan karakteristik scale di Sumatra.


Kata Kunci


Scale; Lapangan minyak Sumatera; Analisa Air; Tendensi; Scale Inhibitor

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Jaques, D.F., and Bourland, B.I. 1983. A Study

of solubility of Strontium Sulfate. SPE Journal, p

-300.

Jones, L.W. 1988. Corrosion and Water Technology

for Petroleum Producers. OGGI Pub,

p117-127.

Patton, DR. Charles C. 1989. Applied Water

Technology. Oklahoma. Campbell Petroleum Series.

Petroleum Extention Services. 1968. Crude Oil

Tanks, Construction, Strapping, Gauging, and

Maintenance. Austin. The University of Texas,

Division of Extension in Cooperation with Texas

Educational Agency.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.44.3.166