Pengaruh Penambahan Kultur Pseudomonas aeruginosa dan Bacillus lentimorbus terhadap Aktivitas Mikroorganisme Indigenus yang terkandung di Air Terproduksi pada Reduksi Kandungan Hidrokarbon dalam Lumpur Minyak Skala Laboratorium

Moch Fierdaus

Sari


Kultur mikroba indigenus dalam air terproduksi dari suatu sumur minyak dengan diberi aerasi dapat tumbuh baik. Pertumbuhan populasinya akan meningkat bila ke dalam air terproduksi ditambahkan unsur N dan P dengan ratio 5 : 1. Bila mikroba indigenus dalam media air terproduksi ditambahkan kultur tunggal Pseudomonas aeruginosa, Bacillus lentimorbus, dan campuran keduanya ternyata mampu mendegradasi hidrokarbon yang terkandung dalam lumpur minyak dengan cukup signifikan. Degradasi tertinggi bila ditambahkan kultur campuran dari kedua bakteri tersebut. Biodegradasi hidrokarbon dalam media air terproduksi selama inkubasi 120 jam uji mencapai 48 s/d 54%. Apabila ke dalam media air terproduksi tersebut ditambahkan unsur N dan P dengan ratio 5 : 1, biodegradasi hidrokarbon meningkat menjadi 53 s/d 64% dari kandungan awal sebesar 5 gram.


Kata Kunci


biodegradasi; lumpur minyak; variasi bakteri

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Haris A., 2003. Peranan Mikroba dalam Mendegradasi Minyak Bumi dan Fenol pada Air Terproduksi dari Industri Perminyakan, Institut Pertanian Bogor.

Bartha and Bossert R., 1984. The treatment and disposal of petroleum wastes. In Atlas, RM (ed), Petroleum Microbiology. Macmillan Publishing Co, New York.

Dibble and Bartha, 1979. Effec of enviromental Parameters on the biodegradation of oil sludge. App. Environ.

Herdiyantoro, D. 2001. Pengaruh inoktilasi kultur campuran bakteri perombak hidrokarbon dari ekosistem air hitam Kalimantan Tengah dan pemberian pupuk inorganik nitrogen dan fosfor dalam biodegradasi minyak bumi. Skripsi Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Leahy, J.G. and R.R. Colwell, 1990. Mikrobial degradation of hidrocarbons, Environ, Mikrobiological Review. Louis P. Gebhardt, 1970. Microbiology, Four edition. The C.V. Mosby Company.

Udiharto M., 1992. Aktivitas Mikroba dalam Degradasi Minyak Bumi. Procedings Diskusi Ilmiah VII Hasil Penelitian. PPPTMGB Lemigas, 13 14 Juni 1992.

Udiharto M., Rahayu, S.A., Haris,A dan Zulkifliani. 1995. Peranan Bakteri dalam Degradasi Minyak Bumi dan Pemanfaatannya dalam Penanggulangan Minyak Buangan. Procedings Diskusi Ilmiah VIII PPPTMGB Lemigas, Jakarta.

Udiharto M., 1996. Bioremediasi minyak bumi. Proceding Pelatihan dan Lokakarya Peranan Bioremediasi dalam Pengelolaan Lingkungan. Kerjasama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Tenologi (BPPT), dan Hanns Seidel Foundation.

Udiharto M., dan Tim. 2004. Pemanfaatan Lumpur Minyak dengan Metode Bioreaktor. PPPTMGB Lemigas, Jakarta. ?




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.43.1.126