Pengaruh Air dan Etanol terhadap Reaktivitas Hidrogenolisis Isoamil Alkohol pada Katalis Ni/Zeolit

tri yono, oberlin sidjabat

Sari


Air, etanol (etilalkohol) dan isoamil-alkohol dapat membentuk larutan azeotroph. Di dalam limbah cair, keberadaan alkohol selalu didapatkan bersama-sama dengan larutan berair. Minyak fusel mengandung berbagai macam senyawa alkohol, seperti etanol dan isoamilalkohol. Di dalam penelitian ini, dilakukan proses hidrogenolisis antara campuran isoamil-alkohol dengan air dan juga campuran antara isoamil-alkohol dan etanol dengan masing-masing kadar air atau etanol yang divariasikan. Katalis yang digunakan adalah Ni/Zeolit dengan kandungan Nikel 0,4% berat yang dibuat dengan metoda impregnasi basah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bila jumlah kadar air meningkat (bertambah) maka konversi isoamil-alkohol akan menurun (berkurang). Di lain fihak, bila jumlah kadar etanol meningkat (bertambah) maka konversi isoamil-alkohol akan meningkat (bertambah).


Kata Kunci


minyak fusel; hidrogenolisis; alkohol; katalis

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Allinger, N.L., 1976, Organic Chemistry, 2nd ed, Worth Publisher, Inc, New York.

Augustine, R.L., 1996, Heterogeneous Catalysis for Chemist, Marcel Dekker Inc, New York.

Coulson, J.M., and Richardson, J.F., 1979, Chemical Engineering, Vol 3, 2nd edition, Pergamon Press, Oxford

Fogler, H.S., 1992, Elements of Chemical Reaction Engineering, 2nd ed, Prentice Hall, New Jersey

Heraldy, E., 2001, Studi Hidrodeoksigenasi Campuran 3-metil-1-Butanol dan 1-Propanol Menggunakan katalis Pt/Zeolit Alam, Tesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Le Page, J. F., Cosyns, J., Courty, P., Freund, E., Franck, J.P., Jacquin, Y., Juguin, B., Marcilly, C., 1987, Applied Heterogeneous Catalysis, Editions Technip, Paris

Reksohadiprojo, M.S.,1981, Transformation of Fusel Oil from Indonesian Alcohol Factories into Product of Higher Value, Dissertation, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Naito.S, Karaki.T and Iriani.T, 2002, Synthesis of Benzene from Methane and Carbon monoxide over Silica-Supported Rh, Ni and Pd Catalysts, Chemistry Letters, The Chemical Society of Japan. 1004-1009.?




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.42.2.113