Aditif yang Terkandung dalam Paket Aditif Pelumas untuk Otomotif dan Industri Sesuai Perkembangan Teknologi

subiyanto subiyanto

Sari


Pelumas dibuat dari bahan dasar pelumas ditambah aditif. Bahan dasar pelumas ada yang berasal dari minyak bumi dan disebut dengan base oil, dan yang berasal dari sintetis. Aditif pelumas banyak jenisnya, tergantung dari fungsinya yang akan diembannya. Aditif pelumas dibuat secara sintesa kimia. Pembuat aditif memproduksi aditif dalam bentuk komponen atau paket aditif. Komponen aditif lebih ditekankan pada jenis komponen penaik indeks viskositas dan aditif titik tuang, yang digunakan untuk memperbaiki karakteristik base oil. Sedangkan paket aditif pelumas pembuatannya lebih ditekankan pada perbaikan unjuk kerja. Dalam paket aditif biasanya terdapat aditif komponen jenis deterjen, anti aus, anti korosi, anti oksidasi, anti busa dan aditif pemodifikasi gesekan. Pelumas dikelompokkan dalam dua segmen besar yaitu segmen otomotif dan segmen industri. Formula pelumas otomotif telah banyak berubah oleh karena adanya peraturan pemerintah terkait, dan permintaan pabrik kendaraan. Permintaan aditif untuk segmen industri tumbuh lebih cepat dari pada segmen otomotif, walaupun naiknya masih sedang-sedang saja. Pada segmen otomotif, minyak lumas mesin adalah pemakai aditif yang paling besar dibanding minyak lumas roda gigi tranmsisi manual dan gardan serta Automatic Transmission Fluid (ATF). Untuk industri, minyak lumas mesin juga paling banyak pemakaiannya diikuti minyak hidrolik dan minyak lumas pengolahan logam. Karena kemajuan teknologi, periode penggantian pelumas makin lama, sehingga mengurangi keuntungan produsen, sebaliknya menguntungkan pemakai.


Kata Kunci


aditif komponen; aditif paket; otomotif dan industri.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


LUBE N GREASES, The Magazine of Industry in Motion, October 2005, Vol. 11 issue 10, page 13, 30, 33, LNG Publishing Company, Inc. 6105- G Arlington Blvd. Falls Church, VA 22044 USA.

LUBE N GREASES, The Magazine of Industry in Motion, Inside the additive toolbox, by Tim Sullivan, May 2006, Vol. 12 issue 5, page 33, LNG Publishing Company, Inc. 6105-G Arlington Blvd. Falls Church, VA 22044 USA.

LUBE N GREASES, The Magazine of Industry in Motion, June 2006, Vol. 12 issue 6, page 38, 39, 41, LNG Publishing Company, Inc. 6105-G Arlington Blvd. Falls Church, VA 22044 USA.

Booser E.R. 1996, Handbook of Lubrication Theory and Practice of Tribology, Vol. 1, Application and Maintenance, CRC Press Inc. Boca Raton, Florida USA.

W.C. Gergel, S.Q.A. Rizwi, R.C. Beercheck, Lubricantion Theory and Practice, The Lubrizol Corporation 29400 Lakeland Boulevard Wicklife, Ohio 44092-2298




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.41.2.85