Pengaruh Bahan Pengaktif Isopropil Alkohol dan Metanol dalam Proses Urea Dewaxing terhadap Spindle Oil (SPO) Raffinate

Edi Gunamawan

Sari


Urea Dewaxing adalah suatu proses pengambilan lilin dalam suatu minyak dengan urea. Untuk memperbaiki proses urea dewaxing biasanya perlu ditambahkan dengan bahan pengaktif, dalam penelitian ini digunakan isopropil alkohol dan metanol. Bahan pengaktif ini akan mengubah struktur urea dari tetragonal menjadi heksagonal dalam pembentukan kompleks dan jumlah bahan pengaktif optimum tidak tergantung dari jenis minyak di dewaxing. Kelebihan bahan pengaktif dalam proses tidak memberi efek baik terhadap proses pembentukan kompleks, tetapi malah dapat merusak kompleks. Proses ini tanpa menggunakan pelarut karena bahan pengaktif ini dengan mudah dapat melarutkan parafin dan ureanya terhadap bahan dasar spindle oil. Urea digunakan dalam bentuk kristal, makin banyak jumlah kristal sampai batas tertentu, semakin banyak nparafin yang dapat diperoleh, karena pembentukan kompleks semakin baik dan harga titik tuangnya semakin turun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isopropil alkohol mempunyai pengaruh yang lebih baik dalam melakukan proses urea dewaxing dengan pertimbangan harga titik tuang lebih rendah (-100C) , waktu pengadukan lebih singkat (2 jam), dan pengambilan lilin yang lebih banyak.


Kata Kunci


isopropil alkohol; metanol; urea dewaxing

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


ASTM., 1958, ASTM, Standard on Petroleum Product and Lubricants, American Society for Testing Materials, pp. 19-24, 277-284, Philadelpia, December.

Guthrie, V.B., 1960, Petroleum Product Hand Book, 1st ed, pp. 64-67, Mc. Graw Hill book Company, New York.

Nelson, W.L., 1958, Petroleum Refinery Engineering, 4 th ed, pp. 374-387, Mc. Graw Hill Book Company, New York.

William, G.D., and Kenneth, A.K., 1955, These studies on the general properties of urea and thio urea complexes show which subtances do from complexes and what are the condition of formation, Petroleum Refiner, vol. 34, pp. 128-

The Gulf Publishing Company, Texas, April.

http://doi.contentdirections.com/mr/access science subyect titles. jsp/dewaxing + of + petroleum.?




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.41.3.78