Pengaruh Pemakaian Minyak Lumas pada Komponen Mesin Diesel Melalui Uji Jalan

Rona Malam Karina, Dimitri Rulianto

Sari


Untuk mengetahui penetapan waktu penggantian (drain interval) yang paling efektif dan ekonomis, serta untuk menganalisis problem gangguan serius dan kerusakan pada mesin kendaraan perlu dilakukan uji jalan dengan cara menganalisis karakteristik fisika-kimia minyak lumas baru dan minyak lumas bekas serta rating terhadap komponen mesin. Pada makalah ini disajikan hasil analisis rating terhadap komponen kendaraan mesin diesel yang dipakai pada uji jalan setelah menempuh jarak 20.000 kilometer. Penelitian ini dilakukan dengan cara: merekondisikan mesin dengan mengganti beberapa komponen utama mesin dan melakukan penyetelan sesuai spesifikasi yang direkomendasikan pabrik pembuatnya; melakukan running-in sejauh + 1000 km; dan melakukan uji jalan dengan target pelaksanaan mencapai jarak tempuh 20.000 km, yang dilakukan terhadap 4 percontoh minyak lumas mesin diesel dengan 6 kendaraan uji dan kondisi operasi normal 300 km per hari meliputi route dalam dan luar kota. Berdasarkan hasil evaluasi rating beberapa komponen mesin yang terdapat pada 6 (enam) kendaraan uji, bahwa 4 (empat) jenis minyak lumas mesin diesel SAE 15W40, API CH-4 yang digunakan dapat digunakan sampai jarak 20.000 km.


Kata Kunci


merit/demerit rating

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Beer, Ferdinand P and Johnston, E. Russell, 1987, Mechanics of Materials, SI Metric Edition, Materisls Science Series.

Karina, R, 2002, Penelitian Drain Interval Minyak Lumas Monograde melalui Uji Jalan, Majalah Lembaran Publikasi LEMIGAS, Vol. 36. No. 3/2002.

Pirro, D.M dan Wessol, A.A, 2001,Lubrication Fundamentals, Second Edition, Revised and Expanded, by Exxon Mobil Corporation, Marcel Dekker, Inc.

Schulz , Erich J and Evridge, Ben L, 1989, Diesel Mechanics, McGraw-Hill International Editions, Automotive Technology Series.

Schilling, A., 1972, Automobile Engine Lubrication, Scientific Publication (G.B) Ltd., Broseley, Shropshire, England

V. L. Maleev, M.E., DR.A.M dan Ir Bambang Priambodo, 1995, Operasi dan PemeliharaanMesin, Penerbit Erlangga. ?




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.41.3.77