Apakah Estimasi Porositas dari Log Akustik Cukup Akurat untuk Batuan yang Tersaturasi Secara Parsial – Sebuah Alternatif Sederhana untuk Mengurangi

Heru Atmoko, Rosidelly Rosidelly, Bambang Widarsono, Fakhriyadi Saptono

Sari


Dalam memperkirakan harga besaran porositas dapat digunakan bermacam-macam metode, antara lain dengan merambatkan gelombang akustik pada media berpori dengan memberikan interpretasi kecepatan gelombang tersebut.  Pada tahun 1956 Wyllie dkk mengajukan persamaan waktu rata-rata (time average), yang merupakan hubungan linier antara waktu dan porositas berdasarkan hasil penelitian terhadap batuan pasir (sandstone) di laboratorium.  Persamaan Wyllie di atas sebenarnya hanya berlaku pada kondisi dimana batuan yang diukur porositasnya mengandung hanya air saja, dengan porositas yang seragam, bersih dari lempung, dan kompak. Contoh yang dapat dianggap paling relevan adalah daerah di sekitar lubang bor. Fakta di sekitar lubang bor tersebut diperkirakan dapat menyebabkan bias dalam memperkirakan harga besaran porositas batuan karena asumsi yang lazim dalam menggunakan persamaan Wyllie adalah batuan tersaturasi secara penuh oleh satu jedis fluida saja.  Beragamnya saturasi fluida di formasi ternyata dapat mempengaruhi akurasi perhitungan porositas yang dihasilkan dari log akustik.  Untuk mendapatkan besaran porositas yang akurat diperlukan pemilihan waktu transit matriks batuan dan waktu transit fluida yang cukup mewakili.  Suatu bentuk koreksi atas perhiitungan porositas akustik pada kondisi saturasi air kurang dari 100% telah dibangun beserta penerapan di laboratorium.  Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap litologi lainnya seperti pada formasi karbonat untuk mengetahui sejauh mana validasinya atas bentuk koreksian yang telah dibangun

Kata Kunci


Estimasi, Porositas, Akustik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Domenico, S.N. (1976). “Effect of brine-gas mixture on Velocity in An Consolidated Sand Reservoir”, Geophysics, 41:882-894.

Schon, J.H. (1996). “Physical Properties of Rock”, : Fundamental and Principles of petrophysical, handbook of Geophysical Exploration Seismic Exploration, Vo,.18 ed:Helbig, k and Treitel, S, Elsevier Science Ltd., Oxford OX5 1GB-UK, p:231-235.

Schlumberger, 1989, “Log Interpretation Principles/Application”, Schlumberger Educational Services, 5000 Gulf freeway, Houston-Texas 77023.

Society of Petroleum Engineers, “Petroleum Engineering Handbook”, Chapter 51 Acoustic Logging, Richardson, TX, USA.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.38.1.744