Penggunaan Alat DSA PD - E700 (Pendant Drop Shape Analysis) untuk Mengukur Tegangan antarmuka dari Campuran Minyak - Surfaktan - Air Formasi pada Kondisi Temperatur dan Tekanan yang Berbeda

Nuraini Nuraini

Sari


Pada beberapa reservoir, jumlah minyak yang tersisa pada produksi tahap primer relatif kecil dibandingkan dengan kandungan minyak awal dari reservoir tersebut, yaitu dengan tingkat perolehan tahap primer rata-rata 40 %. Hal ini nenunjukkan bahwa jumlah minyak yang tersisa masih cukup besar. Untuk mendapatkan minyak yang tersisa tersebut, dilakukan penginjeksian fluida (larutan surfaktan) yang diharapkan akan dapat mendesak minyak dan meningkatkan faktor perolehan minyak. Injeksi larutan surfaktan termasuk salah satu metode EOR (Enhanced Oil Recovery) yang berfungsi dan berperan menurunkan tegangan antarmuka minyak - surfaktan-air formasi, oleh sebab itu makalah ini difokuskan pada penggunaan alat: DSA PD-E700 (Pendant Drop Shape Analysis), untuk mengukur tegangan antarmuka dari campuran minyak - surfaktan air formasi pada berbagai kondisi temperatur dan tekanan.


Kata Kunci


Pendant Drop Shape Analysis, Minyak, Surfaktan, Air Formasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aderson. D.R., Bidner M.S., Davis H.T., Manning C.D., and Scriven L.E., 1976, "Interfacial Ten- sion and Phase Behaviour in Surfactant-Brine- Oil System", SPE, p.189-196.

Doe P.H., El-Emary M., Schechter R.S., and Wade W.H.: "Surfactant for Producing Low Interfa- cial Tensions, I. Liniar Alkyl Benzene Sulfonate". J.Am Oil Chemist Soc., In Press.

Girault., H.H., Schiriffin, D.J. and Smith, B.D., 1984, "The Measurement of Interfacial Tension of Pen- dant Drops Using a Video Image Profile Digi- tizer". Journal of Colloid Interface Sci. 101, No.1, 257.

DSA V 1.80 Drop Shape Analysis, user Annual Kruss Gmbh V020902, Humburg 2002.

DSA 10 Contact Angle Measuring System, Oper- ating Manual, Kruss Gmbh V0207216, Humburg 2002.

Tony, B.D., 1993., " Kimia Fisik untuk Universi- tas", Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.39.2.737