Fluida Incompressible sebagai Penyalur Tenaga dalam Sistem Hidrolik Tertutup

Rona Malam Karina

Sari


Fluida incompressible adalah cairan yang penggunaannya sebagai penyalur tenaga dalam sistem
hidrolik karena sifatnya dalam sistem tertutup seperti dalam sistem bejana berhubungan, yang
dapat juga disebut minyak rem. Kerja sistem rem dari master silinder ke piston untuk mentransfer
energi mekanis dapat menghasilkan panas akibat gesekan antara minyak rem dengan permukaan
salurannya. Kondisi tersebut menyebabkan minyak rem harus memiliki spesifikasi khusus
berkaitan dengan perubahan suhu, yaitu titik didih dan sifatnya yang tidak berubah drastis pada
suhu tinggi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan formula minyak rem DOT 3 untuk kendaraan
bermotor menggunakan bahan dasar dan pelarut kimia dengan perbandingan komposisi ± 20%
dan ± 80%, serta ditambahkan sedikit aditif. Hasil yang diperoleh dari analisis karakteristik fisika
kimia serta semi unjuk kerjanya menunjukkan bahwa dari empat formula yang dirancang terdapat
satu formula yang hasil analisisnya memenuhi syarat spesifikasi minyak rem DOT 3, yaitu formula
FMR 4. Namun, kualitas yang sebenarnya dapat dilihat dalam uji performa apabila diaplikasikan
pada sistem pengereman kendaraan bermotor.


Kata Kunci


Fluida incompressible, minyak rem, sistem hidrolik, kendaraan bermotor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AS /NZS 1960. 1: 1995, Australian/New Zealand

Standard for Motor Vehicle brake fluids, Part 1:

Non-petroleum type.

E. Richard Booser, 1986, “Handbook of

Lubrication”, Theory and Practice of Trybology,

volume I, Aplication and Maintenance, CRC

Press Inc., Boca Raton, Florida USA.

FMVSS No. 116 – 2005, Motor Vehicle Brake

Fluid – Passenger Cars, Multipurpose Passenger

Vehicles, Trucks, Buses and Motorcycles.

Freeman, P., “Lubrication and friction”, Sir

Isaac Pitman&Sons Ltd., USA, 1962.

Gschwender, Lois J. et. al. 2001. Liquid

Lubricants and Lubrication: Modern Trobology

Handbook. CRC Press, USA.

IS O 4925-2005, Road vehicles – Non petroleum

base brake fluid.

JIS K2233-2006, Non petroleum based motor

vehicle brake fluids.

Liston Thomas, Dr., “Engine Lubricant Additive

What They Are And How They Function“,

Journal of Society of Tribologist and Lubrication

Engineers, California.

“Manual of Hydraulic Brake Parts”, SK 1805,

Meiji Sangyo Company, Seiken Chemical

Industry Co., Ltd. No. 12-23, 2-chome, K6nan

Minato’ku, TOKYO

Minyak Rem ISBN 978-0-7680-1953-7 Tahun

SAE J1703-2004, Motor Vehicle Brake Fluid.

US Departement of Energy. 1993. Doe

Fundamental Handbook of Chemistry;

Departement of Energy, USA.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.45.2.696