Efisiensi Katalitik Konverter dalam Mengurangi Emisi Karbon Monoksida dan Hidrokarbon pada Bahan Bakar Bensin 88

Maymuchar Maymuchar, Dimitri Rulianto

Sari


Karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) merupakan sebagian dari gas buang produk dari
proses pembakaran pada mesin kendaraan. Salah satu usaha untuk mengurangi gas buang ini adalah
dengan menggunakan teknologi aftertreatment. Teknologi aftertreatment pada kendaraan berbahan
bakar bensin adalah katalitik konverter. Proses oksidasi yang terjadi pada katalitik konverter akan
mengubah sebagian CO dan HC menjadi CO2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui effisiensi
katalitik konverter pada kendaraan yang berbahan bakar bensin 88 tanpa timbal. Pengukuran emisi
gas buang dilakukan sebelum uji jalan (0 km), setiap 2.500 km sampai 10.000 km. Effisiensi
katalitik konverter dalam menurunkan emisi CO sebesar 31,4% pada jarak tempuh 0 km dan
menurun menjadi 25,9% pada jarak tempuh 10.000 km. Sedangkan effisiensi katalitik konverter
dalam menurunkan emisi HC sebesar 29,9% pada jarak tempuh 0 km dan menurun menjadi 13,2%
pada jarak tempuh 10.000 km. Kandungan sulfur dan timbal serta teknologi mesin menjadi faktor
mempercepat turunnya efisiensi katalitik konverter.


Kata Kunci


katalitik konverter, effisiensi, emisi CO dan HC, bensin 88

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A CEA , Alliance, EMA, JAMA, “World Wide Fuel

Charter”, Fourth Edition, 2006.

Heywood, John B, 1989, ”Internal Combustion

Engine Fundamentals”, Mc Graw-Hill,

International edition, series in mechanical

Engineering, Pp 651.

S urat Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan

Gas, Nomor 3674 K/24/DJM/2006 tanggal 17

Maret 2006, “Spesifikasi Bahan Bakar Minyak

Jenis Bensin 88”, 2006.

Saderis, Marios, 1998, “Methods for Monitoring

and Diagnosing The Efficiecy of Catalytic

Converters”, Elsevier Science, Amsterdam, pp. 8.

S NI 19-7118.1-2005 ”Cara Uji Kendaraan

Bermotor Kategori M, N dan O Berpenggerak

Penyalaan Cetus Api pada Kondisi Idle”, 2005

Taylor, K.C., 1987, ”Catalysis and Automotive

Pollution Control”, A.Crouq and A. Frennet (eds),

Elsevier Science Publisher, Amsterdam.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.45.2.693