Pengembangan Model Jaringan Pipa Salur Gas dengan Menggunakan Algoritma Sederhana

edward ML tobing

Sari


Jaringan pipa salur adalah alat transportasi gas alam yang mempunyai faktor keamanan yang cukup baik serta ekonomis. Jaringan pipa salur ini akan sesuai dengan kapasitasnya, bila didesain dengan optimal. Untuk mendesain atau mengevaluasi jaringan pipa salur gas yang optimal, dapat dilakukan dengan menggunakan model simulasi jaringan pipa salur gas. Model simulasi jaringan pipa gas dalam tulisan ini telah dikembangkan dengan menganggap aliran dalam pipa adalah steady state. Analisis terhadap aliran steady state dilakukan untuk menentukan distribusi tekanan aliran gas pada setiap node dan laju alir pada setiap(elemen penghubung node) leg, di mana sekurang-kurangnya satu harga tekanan node serta supply atau demand pada node lainnya diketahui. Dalam makalah ini, metode yang digunakan untuk menganalisis aliran steady state pada jaringan pipa gas adalah algoritma sederhana dengan ciri step-forward yang dikembangkan oleh Tian-Adewuni.Dalam metoda ini, harga tekanan node langsung dikoreksi dari setiap iterasinya berdasarkan ketidakseimbangan laju alir massa pada node tersebut, karena perkiraan harga tekanan yang digunakan untuk menentukan laju alir massa gas dalam pipa pada tahap iterasi sebelumnya belum tepat. Dengan menggunakan algoritma ini, maka dapat mengembangkan model simulasi jaringan pipa gas tanpa menggunakan matriks aljabar, dan dapat memecahkan masalah jaringan pipa gas dengan model jaringan Nodal.


Kata Kunci


model jaringan pipa gas; algoritma sederhana

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Tian, S. and Adewumi, M.A., 1993, Simple Algorithm

for Analyzing Gas Pipeline Networks, paper SPE 25475 presented at SPE Production Operations Symposium, Oklahoma City, March 21-23.

Tian, S. and Adewumi, M.A., 1994, Development of Analytical Design Equation for Gas Pipeline, SPE Production and Facilities, May.

Ahmed, T., 1989, Hydrocarbon Phase Behavior, Gulf Pub.Co. Houston Texas.

Beggs, H.D., 1984, Gas Production Operation, OGCI Publications, Tulsa Oklahoma.

Berar, G.P. and Eliason, B.G., 1978, An Improve Gas Transmission Sistem Simulator, SPE Journal, December, pp 389-398.

Ikoku, C.U., 1984, Natural Gas Production Engineering, John Wiley & Son Inc., New York.

Szilas, A.P., 1986, Production and Transportation of Oil and Gas Part B : Gathering and Transportation, 2nd Completely Rev. Ed.,Elsevier, New York.

Stoner, MA, Sensivity Analysis Applied to Steady State Model of Natural Gas Transportation System, SPE Journal.?




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.41.3.67