Naturally Occuring Radioactive Material (NORM) di Pipa Sumur Produksi Minyak dan Gas

Nuraini Nuaraini, Erwansyah L

Sari


Sumur produksi yang mengandung minyak, gas dan air formasi juga mengandung radionuklida yang disebut Naturally Occuring Radioactive Material (NORM) dari deret uranium dan deret thorium. Radionuklida anak-luruh dari deret ini akan terikut dalam proses dan terdeposisi bersama lumpur dan kerak di dalam peralatan maupun di pipa sumur produksi. Penumpukan radionuklida ini, mempunyai potensi memancarkan dosis radiasi dan penerimaan terhadap personel yang melakukan operasi perbaikan sumur, pembersihan kerak, dekontaminasi dan pengelolaan limbah NORM. Dalam hal ini perlu dilakukan adanya pengkajian keselamatan radiasi terhadap pekerja juga penerapan proteksi radiasi dalam pengelolaan limbah NORM tersebut.


Kata Kunci


sludge; gas bumi; radionuklida; deposisi; keselamatan radiasi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


http://www.tenorm.com/geo.htm.

Radiation and Waste Safety in the Oil and Gas Industry, Safety Report, Revisi-4, IAEA, Vienna, July 2000.

International Basic Safety Standards for Protec- tion against Ionizing Radiation and for the Safety of Radiation Sources, Safety Series No. 115, IAEA, Vienna, 1996.

Clearance Level for Radionuclides in Solid Mate- rials, Application of Exemption Principles, TECDOC-855, IAEA, Vienna, January, 1996.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.41.3.195