Peranan Industri Migas dalam Meningkatkan Partisipasi dan Pembangunan Sosial Ekonomi Budaya Masyarakat di Daerah Sekitarnya

Muharto Toha

Sari


Sejak Pelita lll, peranan industri dalam usaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia semakin penting. Sektor industri minyak dan gas bumi menduduki tempat yang utama dalam peranan tersebut, lebih-lebih dalam memberikan devisa bagi negara. Namun dalam aplikasi teknologinya masih dapat dikatakan sebagai relatif sangat maju dan tinggi. Memang nampaknya prosesnya menghendaki demikian. Tetapi kelihatannya akan lebih mengena pada tujuan, apabila aplikasi teknologi maju tersebut diiringi pula dengan kemungkinan-kemungkinan teknologi maju banyak tenaga kerja, atau dalam istilah yang lebih dikenal dalam sebutan padat karya. Hal tersebut akan mendukung lebih cepat tercapainya tujuan pembangunan yang dilakukan oleh bangsa kita.

Kata Kunci


Migas, Industri, Teknologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Flawn, Peter T. Environmental Geology:Conservation, Land Use Planning, And Resource Management, New York, Harper & Row, 1979.

Kuitenbrower, J.B.W. Toward Self - Reliant Integrated Development (Menuju Pembangunan Terpadu yang Berswadaya). Penterjemah Dian B.S. Jakarta. Lembaga Studi Pembangunan, 1980.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.18.1.1510