Aktivitas Katalis Ni/Zeolit pada Konversi Katalitik Metil Ester Minyak Goreng Jelantah (Mewco) pada Temperatur 450OC Menjadi Senyawa Fraksi Bahan Bakar

D Setyawan, Triyono Yono, Morina Rina

Sari


Aktivitas katalis Ni/Zeolit dalam reaksi konversi metil ester minyak goreng jelantah (MEWCO) menjadi senyawa fraksi bahan bakar cair khususnya fraksi solar dan gasoline telah dipelajari. Reaksi konversi berlangsung dalam kolom reaktor sistem fluidized bed yang dioperasikan pada temperatur 450o C selama 30 menit dengan metanol dan butanol sebagai inisiator. Jenis katalis yang dipelajari adalah Ni-1/ H5 -NZA, Ni-5/ H5 -NZA, Ni-10/ H5 -NZA. Metode preparasi katalis melalui teknik modifikasi zeolit alam yang melibatkan proses dealuminasi melalui perlakuan asam (HF 1%, HCl 6 M dan NH4 Cl 0,1 M), proses hidrotermal, kalsinasi dengan N2 , oksidasi dengan O2 dan pengembanan logam Ni (1%, 5% dan 10%) melalui teknik impregnasi ‘semi basah’. Jelantah sebagai umpan (feed stocks) sebelum digunakan dalam proses katalitik diesterkan terlebih dahulu dengan menggunakan natrium metoksida (CH3 ONa). Metil ester minyak goreng jelantah (MEWCO) yang diperoleh kemudian diproses dalam reaktor sistem fluidized bed dan katalis Ni/ zeolit ditempatkan didalamnya, kemudian uap alkohol (metanol atau butanol) bersama gas nitrogen (carrier gas) dialirkan melalui katalis pada temperatur 450o C. Proses katalitik berlangsung selama 30 menit. Reaksi MEWCO dengan katalis Ni/Zeolit dan alkohol (metanol atau butanol) sebagai inisiator dalam reaktor sistem fluidized bed diperoleh senyawa fraksi bahan bakar cair dalam rentang fraksi solar dan gasoline. Prosen konversi MEWCO menjadi senyawa fraksi bahan bakar cair (total fraksi solar dan gasoline) diperoleh 50,43%. Sedangkan aktivitas katalis yang paling baik dalam reaksi konversi katalitik MEWCO untuk menghasilkan produk selektif terhadap senyawa fraksi solar adalah katalis Ni-5/H5 -NZA dengan inisiator butanol, untuk katalis Ni-10/ H5 -NZA dengan inisiator butanol dihasilkan produk senyawa fraksi gasoline.


Kata Kunci


metil ester minyak goreng jelantah; katalis; zeolit; bahan bakar

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Augustine, R.L., 1996, Heterogeneous Catalysis for Chemist, Marcel Dekker Inc., New York.

Belitz, H.D., dan W. Grosch, 1999, Food Chemistry, second edition, Germany: Springer-Verlag Berlin Heidelberg

Bell, A.T., 1987, Support and Metal Support Interaction in Catalyst Design, John Wiley & Sons, New York.

Boudart, M., Bell A.T., 1987, Catalyst Design, Edisi I, A Wiley-Interscience Publication, New York.

Dyer, A., 1988, An Introduction to Zeolite Molecular Sieves, John Wiley and Sons Ltd., Chichester, England. Fessenden, R.J dan J.S.

Fessenden, 1986, Kimia Organik Jilid II, Edisi ketiga, terjemahan A.H. Pudjaatmaka, Jakarta: Erlangga

Gasser, R.P.H., 1987, An Introduction to Chemisorption and Catalysis by Metal, Oxford Science Publication, Clarendon Press, Oxford.

Hamdan, H., 1992, Introduction to Zeolites: Synthesis, Characterization, and Modification, Universiti Teknologi Malaysia.

Ketaren, 1986, Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan, Jakarta: Universitas Indonesia Pers.

Lowell, S. and J.E. Shields, 1984, Powder Surface Area and Porousity, Edisi II, Chapman and Hall, New York.

Satterfield, C.N., 1980, Heterogeneous Catalysis in Practice, Edisi I, McGraw Hill Inc, New York.

Setiaji, B., 1990, Penentuan Keasaman Permukaan Padatan Dengan Cara Termal Analisis, Berkala Ilmiah MIPA, FMIPA UGM, Yogyakarta.

Setyawan P.H.D., 2002, Preparasi Katalis Cr/ Zeolit Melalui Modifikasi Zeolit Alam, Jurnal Ilmu Dasar, Universitas Jember, Volume 3 No.1, Januari 2002.

Setyawan P.H.D., 2002, Pengaruh Perlakuan Asam, Hidrotermal dan Impregnasi Logam Kromium Pada Zeolit Alam dalam Preparasi Katalis, Jurnal Ilmu Dasar, Universitas Jember, Volume 3 No.2, Juli 2002.

Setyawan P.H.D., 2002, Pengaruh Modifikasi Zeolit Alam sbg Pengemban Kromium dalam Preparasi Katalis Cr/Zeolit Terhadap Hasil Perengkahan Kayu Bengkirei, Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Airlangga, Volume 7 No.2 Agustus 2002.

Smith, K., 1992, Solid Support and Catalyst in Organic Synthesis, Ellis Horwood PTR, Prentice Hall, London.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.43.1.129