Penelitian Periode Penggantian Minyak Lumas Semi-sintetik SAE 20W50

Rona Malam Karina, Lutfi Aziz

Sari


Makin banyaknya jenis pelumas yang beredar di pasaran, khususnya minyak lumas automotive, menjadikan pemakai kendaraan bingung dan sulit untuk menentukan minyak lumas yang baik dan bermutu. Di samping itu banyak iklan atau informasi dari perusahaan pelumas yang menjanjikan bahwa minyak lumas tersebut dapat dipakai sampai dengan jarak tempuh lebih dari 5000 km.

Dari kenyataan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu penggantian (drain interval) dari jenis minyak lumas mesin bensin semi-sintetik yang ada di pasaran melalui analisis minyak lumas bekasnya setiap kenaikan 2.000 km sampai mencapai jarak tempuh 10.000 km dan konsumsi minyak lumasnya.

Dari kesimpulan didapat, bahwa minyak lumas semi-sintetik SAE 20W50, API Service SJ/CF, dapat digunakan sampai dengan jarak tempuh 10.000 km dengan kondisi pelumas bekasnya masih baik dan konsumsi oli yang dibutuhkan normal yaitu 500 cc.


Kata Kunci


minyak lumas semi-sintetik, Strong Acid Number (SAN)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Schilling, A. 1972, "Automobile Engine Lubrication", Scientific Publication (G.B) Ltd., Broseley, Shropshire, England.

Booser, E.R. 1996. "Handbook of Lubricant Theory and Practice of Tribology", Vol. l, Aplication and Maintenance, CRC Press Inc. Boca Raton, Florida USA.

Pedoman Pemilik Kendaraan Toyota Kijang, 2001, PT. Toyota Astra Motor.

Ready Reference for Lubricant and Fuel Performance, 1998 The Lubrizol Corporation.

Testing Used Engine Oils, 1983, Oronite, Chevron Chemical Company.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.36.1.1237