Potensi Hidrokarbon Sub-Cekungan Bandarjaya Provinsi Lampung

Bambang Wiyanto, Taufan Junaedi, Sulistiyono Sulistiyono, Hendhy Prabawa, Yuli Wibowo, Diana Pratiwi

Sari


Sub-Cekungan Bandarjaya terletak di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Secara tektonik kawasan ini merupakan bagian dari sub-Cekungan Palembang Selatan yang memanjang berarah baratlaut tenggara. Stratigrafi sub-Cekungan Bandarjaya secara berurutan sebagai berikut: Batuan dasar berupa batuan metamorf sekis khlorit berumur pra-Tersier, di atasnya diendapkan runtunan batuan Tersier dari Formasi Lahat, Formasi Talang Akar, Formasi Baturaja, Formasi Gumai, Formasi Air Benakat , Formasi Muara dan Formasi Kasai. Potensi hidrokarbon di sub-Cekungan Bandarjaya teridentifikasi dengan ditemukannya beberapa rembesan migas dan dari hasil pemboran sumur eksplorasi (Ratu-1 dan Tujoh-1). Batuan induk hidrokarbon berasal dari serpih Formasi Lemat dan serpih Formasi Talang Akar, dengan tipe kerogen II-III, dan tingkat kematangan awal matang-matang (Ro 0,56-1%). Batuan reservoir utama batupasir dari Formasi Talang Akar dengan porositas antara 13 23%, dan Batugamping terumbu-bioklastik dari Formasi Baturaja dengan porositas berkisar antara12 18%. Migrasi hidrokarbon secara vertikal melalui bidang-bidang patahan secara umum migrasi dari arah tenggaratimur ke barat-baratlaut dengan tidak menutup kemungkinan terjadinya migrasi lokal. Perangkap hidrokarbon berupa perangkap struktur (antiklin yang berkombinasi dengan blok sesar) dan perangkap stratigrafi (pinch out). Berdasarkan analisis dan interpretrasi data seismik pada sub-cekungan ini dapat diidentifikasi 8(delapan) prospek, yaitu: LAF-1, LAF-2, TAF-1, TAF-2,TAF-3, BRF, GAF-1 dan GAF-2. Hasil perhitungan sumberdaya hidrokarbon pada masing-masing prospek menunjukkan awal isi sumberdaya minyak (original oil resources/OOIP)= 2.460.959,21 MSTB, sedangkan sumberdaya minyak yang dapat diambil (recoverable oil resources) sebesar =615.239,80 MSTB (Tabel 1).


Kata Kunci


potensi hidrokarbon; sub-cekungan Bandar Jaya; kawasan prospek

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Gafoer S., Amin T. C & Pardede. R., 1993 : Peta Geologi Lembar Baturaja, Sumatra. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Bandung.

Petrocorp Exploration Indonesia Ltd., 1992, Bandar Jaya PSC, South Sumatra, Indonesia, Technical Evaluation, Jakarta.

Pertamina, 1985, Hydrocarbon potential of Western Indonesia, Jakarta.

Rukmono, E. & Priambodo D., 1994, Potensi Hidrokarbon Daerah Pasemah-Bandarjaya Sumatra Selatan, Laporan Studi Pertamina-PT. Stanvac Indonesia, Jakarta.?




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.43.1.121