Penelitian Kebutuhan Angka Oktana kendaraan Bermotor Bensin

Pallawagau La Puppung

Sari


Angka oktana suatu bensin adalah salah satu karakter yang menunjukkan mutu bakar bensin tersebut, yang dalam prakteknya menunjukkan ketahanan terhadap ketukan (knocking). Suatu bensin harus mempunyai mutu bakar yang baik agar mesin dapat beroperasi dengan mulus, efisien dan bebas dari pembakaran tidak normal selama pemakaiannya. Setiap kendaraan mempunyai kebutuhan angka oktana tertentu. Kebutuhan angka oktana kendaraan bermotor bensin tidak sama antara satu merek dengan merek lainnya atau antara satu tipe dengan tipe lainnya untuk merek yang sama, tergantung pada perbandingan kompresi mesin dan faktor-faktor lainnya yang berpengaruh terhadap kebutuhan angka oktana. Pengujian kebutuhan angka oktana kendaraan bertujuan untuk mengetahui tingkat angka oktana suatu kendaraan. Dengan diketahuinya kebutuhan angka oktana suatu kendaraan, maka secara teknis dapat ditentukan level angka oktana bensin yang akan digunakan untuk kendaraan tersebut. Pada penelitian ini telah dilakukan pengujian kebutuhan angka oktana terhadap enam kendaraan yang terdiri dari tiga merek dan setiap merek digunakan dua kendaraan yang mempunyai tipe yang sama.


Kata Kunci


kendaraan, motor, bensin, oktana

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Keith Owen dan Steven Coley, 1995, Automotive Fuels Reference Book, Edisi Kedua, Society of Automotive Engineers, Inc., Warrendale, Amerika Serikat.

Annual Book of ASTM Standard, Jilid 05.1- Jilid 05.3, 2002, Petroleum Products and Lubricants, The American Society for Testing and Materials, Philadelpia, Amerika Serikat.

Customer Conference Center, 1996, LEMIGAS Fuels Conference, Lubrizol, Wickliffe, Amerika Serikat.

CRC, 1993, Technique for Determination of Oc- tane Number Requirements of Light-Duty Vehicles (CRC Designation E-15-94), Coordinating Re- search Council, Atlanta, Amerika Serikat.

Bosch, 1993, Automotive Handbook, 3d Edition, Robert Bosch GmbH, Stutgart, Jerman. 5.

Gasoline and Other Motor Fuel, 1980, Kirk Othmer Encyclopedia of Chemical Technology, Jilid 11, Edisi 3,John Wiley & Sons Inc., New York, Amerika Serikat.

J.C.Callison, T. Wusz, and W.F. Biller, 1989,Coor- dinating Research Council Trend in Octane Num- ber Requirement Increase, SAE Paper No.892036.

J.D. Benson, 1975, Some Factors which Affect Octane Requirement Increase, SAE Paper No. 750933.

Pallawagau La Puppung, 2000, Kenaikan Kebutuhan Angka Oktana Mesin Kendaraan Bermotor Bensin, Lembaran Publikasi Lemigas Vol. 34 No. 3/2000, Lemigas, Jakarta.

SAE Handbook, Jilid 3, 1986, Engines, Fuels, Lu- bricants, Emission & Noise, Society of Automo- tive Engineers, Inc., Warrendale, Amerika Serikat.

Weissmann J., 1972, Fuels for Internal Combus- tion Engines and Furnaces, Lembaga Minyak dan Gas Bumi, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.38.2.749