Uji Kelakuan Fase dan Tegangan Antarmuka Minyak-Surfaktan-Kosurfaktan-Air Injeksi

Nuraini Nuraini, Sugihardjo Sugihardjo, Tjuwati Makmur

Sari


Alkil benzena sulfonat merupakan salah satu jenis surfaktan yang mampu menurunkan tegangan antarmuka (IFT) minyak-air ke tingkat yang lebih rendah. Dengan turunnya tegangan antarmuka minyak-air, maka tekanan kapiler yang bekerja pada daerah penyempitan pori-pori akan berkurang, sehingga sisa minyak yang terperangkap dalam pori-pori batuan mudah didesak dan diproduksikan. Surfaktan bila dilarutkan di dalam air atau minyak, akan membentuk micelle yang merupakan mikroemulsi dalam air atau minyak. Micelle berfungsi sebagai media yang bercampur (miscible) baik dengan minyak maupun air secara serentak. untuk mendapatkan nilai tegangan antarmuka minyak-air yang lebih rendah, maka ditambahkan kosurfaktan. Pada umumnya kosurfaktan yang digunakan adalah alkohol/ROH (C4, C dan C6)

Kata Kunci


Tegangan, Antarmuka, Minyak, Surfaktan, Kosurfaktan, Air Injeksi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Robbins, M.L.: "Theory For The Phase Behavior of Microemulsions Microemulsions", SPE 5839, 1976. p. 540-561.

Peter, H.D. and William, H.W.: "Alkyl Benzene Sulfonate For Producing Low Interfacial Tensions Between Hydrocarbons and Water", J. Colloid and Interface Science, Vol. 59, No. 3, May 1977. p. 525-531.

Prince. LM: "Theory and Practice of Microemulsions", Academic Press, INC., New York 1977.

Wilson, PM, and Brander, CF: "Aqueous Surfactant Solution Which Exhibit Ultra Low Tension at the Oil-Water Interface "Presented at the 165th National Meeting of the American Chemical Society, Dallas, April 1973.

Cayias, J. L, Schecter, R.S and Wade, W.H.: "The Measurement of Low Interfacial Tension via the Spining Drop Technique," in Adsorption at Interfaces, ed. by K. L. Mittal, A.C.S. Symposium Series 8, 1975, p.234-247.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.38.1.746