Pengaruh Inti Asam Katalis Bifungsional pada Produk Hidrokonversi

A.S Nasution

Sari


Salah satu proses katalitik yang cukup penting untuk pemecahan masalah Sumatran Light Waxy Residu (SLWR) dan pembuatan bahan bakar kerosin dan solar adalah proses hidrokonversi. Kajian literatur studi dan penelitian pengolahan SLWR untuk pembuatan distilat sedang dan pelumas telah dilakukan (1,2,3). Katalis hidrokonversi ini mengandung dua jenis inti aktif yaitu inti aktif metal dan inti aktif asam. Untuk mendapatkan data informasi yang lebih banyak mengenai hidrokonversi SLWR tersebut, maka telah dilakukan suatu seri penelitian hidrokonversi distilat vakum SLWR tersebut dengan bantuan dua jenis katalis bifungsional yang inti aktif asamnya berbeda. Untuk bahan pembanding, telah pula diselidiki pengaruh inti aktif asam katalis hidrokraking pada proses hidrokonversi wax dan normal heptana murni. Penelitian ini telah dilakukan pada tem- peratur dari 300°C sampai dengan 420°C dan tekanan dari 30 sampai dengan 110 kg/ cm dengan bantuan alat catatest unit. Alat catatest unit ini dilengkapi dengan alat pengatur temperatur di dalam reaktor dan dapat dijalankan secara kontinu. Makalah ini akan menguraikan hasil penelitian proses hidrokonversi distilat vakum SLWR, wax dan n. heptana dengan memakai katalis bifungsional yang inti aktif asamnya berbeda.


Kata Kunci


Asam Katalis, Bifungsional, Hidrokonversi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.S Nasution, 1975, Hydrocarcking of vacum dis- tillate of Minas Waxy residue for lubricant base stock and fuel oil production, 4 th IPA, June, Jakarta.

A.S. Nasution, F. Kusmadji dan A. Gafar, Hydrocarcking dari distilat berat Sumatran Light Waxy Residue. Diskusi ilmiah pertama PPTMGB "Lemigas" Jakarta.

A.S. Nasution, Hydroisomerization of Wax Sumatran Light Waxy residue for lubricating oil and fuel oil production, 2d ASCOPE Conference and Exhibition, Oct, 7-11, Manila, Phillipines.

J.W. Scott and A.G Bride, 1971, The Continuiting Development of hydrocracing Original and Re- fining of Petrolem, American Chemical Society, Washington DC.

R.N. Bennet et all., 1972, Hydrocracking for middle distillate, American Chemical Society,New York Meeting, August 27-Sept 1.

M.H. Azizva et all., 1961, Preparation of lubri- cating oils by hydrotreating of paraffine distillate. Khim. Tekhnol. Toplive I Masel,No.4,23-05.

F. Breimen et all., 1957, Hydroisomerization of paraffin wax Journal of the institute of petroleum, vol 43, No.405.207-300 Nov




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.39.3.742