OPTIMASI KINERJA SISTEM PERALATAN KONVERSI LGV MIX DME PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT ( The Performance Optimization of DME Fuel with Dual Fuel System in Diesel Engine Vehicles)
Sari
Kegiatan penelitian pemanfaatan DME (Dimethyl Ether) sebagai bahan bakar kendaraan merupakan kegiatan lanjutan dari tahun sebelumnya yang dicampurkan (mix) dengan bahan bakar LGV. Penggunaan peralatan konversi LGV yang digunakan sebagai alat konversi dan umum dipergunakan sebagai alat konversi bahan bakar gas untuk kendaraan masih menghasilkan unjuk kerja yang belum optimal khususnya apabila digunakan sebagai alat konversi untuk bahan bakar DME. Perancangan peralatan konversi DME mix LGV yang sesuai dengan kebutuhan jenis dan tipe mesin tentu akan menghasilkan unjuk kerja yang optimum seperti yang telah dilakukan pada kegiatan 2014. Demikian juga dengan penempatan peralatan konversi DME yang compact akan memberikan kinerja yang sebaik menggunakan bahan bakar bensin serta kenyaman bagi pengemudi. Pengujian melalui serangkaian setting peralatan konversi diharapkan mendapatkan hasil kinerja yang optimum hingga setara dengan menggunakan bahan bakar bensin serta menghasilkan emisi gas buang yang lebih bersih.
Activity research of DME (Dimethyl Ether) utilization as vehicle fuel is a continuation activity from previous year. LGV conversion equipment is generally used as a gas fuel conversion equipment for vehicles, but still produces a less optimal performance when used as a conversion tool for DME fuels. DME mix LGV conversion equipment design that suits your needs and types of machines certainly, is expected to produce optimum performance as it has done on the 2014 activities. Likewise, the placement of a compact DME conversion apparatus will provide the best performance like using gasoline fuel and comfort for the driver. Testing through a set of conversion equipment settings is expected to achieve optimum performance results up to the equivalent of using gasoline and producing cleaner exhaust emissions.Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bartok. W, Sarofin Adel. F, Fossil Fuel Combustion, A Wiley-interscience Publication, John Wiley & Son Inc, 1991, Canada
Christopher F, Blazek, 1980, Use of Alternative Fueled Vehicles, Institute of Gas Technology, Chicago, Illinois, USA
Dirjen MIGAS menurut SK Ditjen No. 2527 K/24/DJM/2007, Spesifikasi Bahan BakarGas Jenis LPG Untuk Kendaraan Bermotor Yang dipasarkan di Dalam Negeri", Tanggal 21 Pebruari 2007
Heywood, John B, Internal Combustion Engine Fundamentals, Mc Graw Hill, International Edition, 1989, Singapore
Japan DME Forum (JDF), DME Handbook, Ohmsha, 2007, Tokyo
Proceeding 7th Asian DME Conference, DME, Toki Messe Niigata Convention Centre, 2011, Japan
Owen Keith, Coley Trevor, Automatic Fuels Reference Book, SAE Inc, Warrentale, 1985
Pallawagau La Puppung, 1986, Penggunaan LPG sebagai Bahan Bakar untuk Motor Bakar, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS, Jakarta
Strehlow Roger. A, Combustion Fundamentals, Mc Graw Hill, International Edition, 1985, Singapore.
Van Der Weide, et al. 1981, Gaseous Fuels for Internal Combustion Engines, Internal Agency, New Enegy Conservation Technologies and Their Commercialization, Vol 2, Springer-Verlag, Berlin Heidelberg, New York
DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.50.3.6