PEMANFAATAN METODE MULTISPEKTRAL UNTUK IDENTIFIKASI LITOLOGI PADA EKSPLORASI MIGAS.

Yudi Kuntoro, Tri Mudji Susantoro, Herru Lastiadi Setiawan, Nurus Firdaus, Panuju Panuju, Epo Prasetya Kusumah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak terjangkaunya beberapa titik penting pada saat melaksanakan survei geologi karena faktor topografi atau faktor lain. Titik penting itu berupa singkapan batuan, maupun rembesan migas. Penelitian ini mengusulkan penggunaan sensor multispektral yang dimobilisasi menggunakan drone untuk membantu menjangkau semua titik dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi survei. Penelitian ini dibangun dari hipotesis bahwa setiap manifestasi geologi akan mempunyai spektrum yang unik. Kegiatan penelitian ini mencakup perekaman spektrum sampel batuan referensi dan perekaman di lapangan (daerah aliran sungai Cipamingkis, Kabupaten Bogor). Hasil perekaman menunjukkan sebanyak 12 dari 14 sampel batupasir menghasilkan kurva berbentuk seperti huruf M, di mana band-2 dan band-4 mempunyai nilai lebih tinggi dibanding band lain. Enam sampel batulempung menunjukkan spektrum dengan puncak reflektansi pada band-4. Empat sampel batugamping memberikan spektrum dengan puncak pada band-2. Dua sampel batuserpih membentuk kurva menyerupai batulempung, sedangkan dua sampel lainnya mempunyai kurva menurun dari band-1 ke band-5. Dua sampel batubara mempunyai bentuk spektrum identik. Terakhir, 5 dari 6 sampel batuan beku menghasilkan bentuk kurva dengan puncak tertinggi pada band-2 dan terendah pada band-4. Hasil perekaman batuan referensi menunjukkan konsistensi data hingga 87,5% dan dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa metode multispektral dapat digunakan untuk menidentifikasi manifestasi geologi.


Kata Kunci


multispektral; identifikasi litologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Goetz, A. F., Vane, G., Solomon, J. E. & Rock, B. N., 1985. Imaging Spectrometry for Earth Remote Sensing. Science, 228(4704), pp. 1147-1153.

Hashim, H., Latif, Z. A. & Adnan, N. A., 2019. Urban Vegetation Classification with NDVI Threshold Value Method with very High Resolution (VHR) Pleiades Imagery. Kuala Lumpur, Malaysia, Geomatics and Geospatial Technology.

Plaza, A., Benediktsson, J.A., Boardman, J., Brazile, J., Bruzzone, L., Camps-Valls, G., Chanussot, J., Fauvel, M., Gamba, P., Gualtieri, A., Tilton, J.C., & Trianni, G.., 2006. Advanced Processing of Hyperspectral Images. Denver, CO, USA, IEEE.

Shaw, G. A. & Burke, H.-h. K., 2003. Spectral Imaging for Remote Sensing. Lincoln Laboratory Journal, 4(1), pp. 3-28.

Wiweka, 2006. Metodologi Penyusunan Citra Multiskala Berdasarkan Citra Hiperspektral Berdasarkan Konsep Integrated Objects dan Agregated Objects. Jakarta: Universitas Indonesia




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.54.1.501