POTENSI BATUAN INDUK FORMASI SALODIK PULAU PELENG BAGIAN BARAT, CEKUNGAN BANGGAI

Guntur Adham Syahputra, Warto Utomo, Arief Rahman

Sari


Cekungan Banggai merupakan suatu cekungan produktif di Indonesia yang terdiri atas offshore (Laut Banda) dan onshore (pesisir Timur Sulawesi Tengah, Pulau Peleng, Kepulauan Banggai). Cekungan Banggai menyumbangkan produksi gas yang cukup signifi kan, diantaranya berasal dari Lapangan Senoro dan Donggi-Matindok. Daerah penelitian terletak di Pulau Peleng bagian Barat, yang merupakan tepian dari Cekungan Banggai. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan karakteristik dan potensi kematangan pada batuan induk Eosen-Miosen; Formasi Salodik. Pengukuran data geokimia dilakukan di laboratorium meliputi Total Organic Carbon (TOC) dan Rock- Eval Pyrolysis, dengan data keluarannya yaitu: %TOC, S1 , S2 , S3 dan Tmax. Berdasarkan parameter tersebut, secara matematis diperoleh data geokimia turunan yaitu potential yield (PY), hydrogen index (HI), oxygen index (OI) dan productivity index (PI). Analisis dan interpretasi data geokimia dilakukan terhadap plot data kedalaman semu terhadap TOC, PY, HI, dan PI, TOC terhadap HI, OI terhadap HI dan Tmax terhadap HI. Analisis dan interpretasi dikaitkan dengan geologi regional di sekitarnya. Hasil penelitian ini adalah; karakter dan potensi batuan induk Formasi Salodik kaya akan material organik yang ditunjukkan dari nilai TOC dan PY, dengan kerogen tipe II/III. Tingkat kematangan menunjukkan kondisi belum matang, tetapi apabila batuan induk Formasi Salodik mencapai kematangan yang optimum, maka dapat menghasilkan minyak dan gas.


Kata Kunci


batuan induk, Total Organic Carbon, Rock-Eval Pyrolysis, kematangan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BATM, 2011. Studi Penajaman Prospek Hidrokarbon Tiara dan Grupa Wilayah Offshore Toili, Blok Senoro-Toili, s.l.: s.n.

GDA Team, 2017. Coal Prospection Survey; Peleng Island, Banggai Kepulauan Sub-Province, Central Sulawesi,, Jakarta: s.n.

Kenneth E., P. & Mary Rose, C., 1994. Applied Source Rock Geochemistry. In: L. B. Magoon and W. G. Dow (eds.), The Petroleum System-From Source to Trap.. Tulsa: American Association of Petroleum Geologists (AAPG), pp. 93-120.

Muhartanto, A. & Taat, P., 2011. Potensi Batuan Induk Di Cekungan Banggai, Sulawesi Tengah. MINDAGI, 2(1), pp. 29-40.

Surono, Simandjuntak, T., & Sukido, H., 1993. Geological Map of the Batui, Sulawesi, Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Waples, D. W., 1985. Geochemistry in Petroleum Exploration,. Boston: D. Reidel Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.53.2.358