Keekonomian Energi Alternatif Adsorbed Natural Gas (ANG) pada Skala Kecil Dan Menengah

Ika Kaifiah, YusepKc Yusep, Danang Sismartono, Dewi Widyaningrum

Sari


Salah satu teknologi alternatif distribusi gas bumi untuk mensubstitusi minyak tanah adalah teknologi Adsorbed Natural Gas (ANG). Teknologi ANG, adalah teknik penyimpanan dan distribusi gas dengan menggunakan adsorben karbon aktif (karbon monolith) pada temperatur ambien dan tekanan operasi sekitar 30 Bar yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan tekanan operasi CNG sekitar 200 Bar. Namun demikian, pada penerapan teknologi ANG untuk distribusi gas bumi ini perlu dilakukan analisis keekonomian sebelum diimplementasikan secara komersial. Analisis keekonomian yang dilakukan didasarkan pada mekanisme bisnis yang berimbang, artinya pada setiap lini usaha distribusi ANG diberikan asumsi pengembalian modal yang layak dengan IRR 15% untuk badan usaha fasilitas pengisian dan agen, dan 20% untuk badan usaha subagen. Harga jual ANG pada tingkat konsumen dengan sistem distribusi langsung per tabung berturut-turut adalah untuk wilayah kajian Bali Rp 15.688,- Medan Rp 10.842,- DKI Jakarta Rp 10.359,- dan Surabaya Rp 10.301,-. Sedangkan menggunakan sistem distribusi tidak langsung maka harga jual ANG per tabung berturutturut adalah Bali Rp 17.404,- Medan Rp 11.320,- DKI Jakarta Rp 10.725,- dan Surabaya Rp 10.600,-. Perbedaan harga tersebut berdasarkan pada besarnya biaya investasi, beban distribusi dan penentuan wilayah dalam menetapkan masing-masing sistem distribusi tersebut.


Kata Kunci


distribusi gas bumi; harga jual ANG

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arifin, J, Aplikasi Excel dalam Studi Kasus Akuntansi dan Manajemen Keuangan, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2004.

Banks, Mona-Lisa, et al. Conversion of Waste Corncorb to Activated Carbon for Use of Methane Storage ALL-CRFAT, University of Missouri, Columbia.

Caryana, K., Yusep, Perbandingan Alternatif Distribusi Bahan Bakar gas untuk Substitusi Minyak Tanah Sektor Rumah Tangga, Lembaran Publikasi Lemigas, No. 42, April 2008.

Darmawi H., Drs., Manajemen Resiko, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2005.

Ginzburg, Y, ANG Storage As A Technological Solution For The Chicken-And-Egg Problem of NGV Refueling Infrastructure Development, 23rd World Conference, Amsterdam, 2006.

Husnan, S dan S. Muhammad, Studi Kelayakan Proyek, Edisi Keempat, Unit Penerbit dan Percetakan, Yogyakarta, 2000.

Kodoatie, R.J., Analisis Ekonomi Teknik, Penerbit Andi Yogyakarta, 1995.

Liss, W., et.al., Natural Gas Composition and Fuel Quality, Gas Technology Institute, USA,2005.

Pfeifer, Peter, ALL-CRAFT Technology for Low-Pressure Storage of Methane from Biomass, 34th Annual Missouri Waste Management Conference, Lake Ozark, Columbia, 2006.

Ratnawati, R., Peluang Bisnis Gas Bumi, Economic Review No. 204, Juni 2006.

Sullivan W.G., Bontadelli, J.A., Wicks, E.M., Engineering Economy, Eleventh Edition.

Sutojo, S, Project Feasibility Study, Edisi Keempat, PT Damar Mulia Pustaka, Jakarta, 2006.

Syarif H., Agus., Konsumsi BBM dan Peluang Pengembangan Energi Alternatif, Inovasi Volume 3, November 2005.

Tim Pengarah & Tim Teknis, Buku Pegangan Statistik Ekonomi Energi Indonesia 2006, Pusat Data dan Informasi Energi dan Sumber Daya Mineral, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, 2006.

_____, Studi Pasar LPG, PPPTMGB LEMIGAS, 2005.

_____, Potensi Penghematan Subsidi, macam-macam bahan bakar dari hidrokarbon dan substitusi minyak tanah dengan Elpiji dan pola distribusinya, yang diperoleh dari www.pertamina.com




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.43.3.149