Studi Karakteristik Fisika-Kimia pada Uji Jalan Minyak Lumas Mesin Bensin Formula Api SL sebagai Indikator Mutu

Setyo Widodo, Shinta Sari, Catur Yuliani, Subiyanto Subiyanto

Sari


Pada aplikasi sesungguhnya kualitas dari suatu minyak lumas dapat diketahui dari uji unjuk kerja. Walaupun demikian, sebagai indikator awal hal ini dapat diketahui dari karakteristik uji fisika-kimianya. Karakteristik tersebut dapat di teliti dengan cara menganalisa contoh minyak lumas yang diambil dari unjuk kerja uji jalan yang dilakukan pada interval jarak (kilometer) atau interval waktu tertentu. Studi tentang karakteristik fisika-kimia dari minyak lumas ini sangat diperlukan untuk mengetahui kualitas dari suatu minyak lumas. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan data teknis tentang ketahanan dari suatu minyak lumas dilihat dari uji laboratorium. Dimana minyak lumas yang digunakan dalam studi ini adalah minyak lumas hasil formulasi dengan grade SAE 15W40/API SL. Karakteristik minyak lumas dipantau dengan cara menggantinya selama uji jalan berlangsung setiap jarak 2.500 kilometer. Sehingga penurunan kualitas minyak lumas dapat dilihat selama penelitian berlangsung. Hasil uji menunjukkan bahwa formulasi minyak lumas memiliki sifat karakteristik yang memenuhi standar spesifikasi. Sebagian besar dari used oil tersebut masih dalam batas standar yang diijinkan kecuali untuk uji kadar silikon menunjukkan nilai dibawah ambang batas. Meskipun demikian dapat disimpulkan bahwa karakteristik formulasi minyak lumas ini masih menunjukkan unjuk kerja yang baik dalam penggunaanya sampai dengan jarak 15.000 kilometer. Hal tersebut dapat digunakan sebagai rekomendasi drain interval, jika formulasi minyak lumas ini diproduksi secara komersial.


Kata Kunci


karakteristik fisika-kimia; kualitas minyak lumas; uji jalan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Rulianto, D., Setyo Widodo, Albert Mantong, 2005, Penyiapan Rancangan Formula Minyak Lumas, PPPTMBG Lemigas, Jakarta, 43pp.

Hepple, P., 1967, The Joint Problems of The Oil and Water Industries. Proceedings of a Symposium held in Brighton, January 18-20 1967. The Institute of Petroleum, London.

Fein, Richard S., 1992, Liquid Lubricants, ASM Handbook vol.18 Friction, Lube and Wear Test, ASM International, USA, p:82-87.

Sequeira, Avilino J, 1994, Lubricant Base Oil and Wax Processing., Texaco, Inc. Port Arthur, Texas, 302pp.

BSN, 2005, Klasifikasi dan Spesifikasi Pelumas- SNI 06-7069-2005, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Toyota Astra Motor PT, 2006, Pedoman Pemilik Kijang Innova.

Karina, R.M., 2002, Penelitian Drain Interval Minyak Lumas Monograde melalui Uji Jalan pada Kendaraan Mesin Bensin, Lembaran Publikasi Lemigas Vol. 36 No. 3/2002, Lemigas, Jakarta, p:20-25

__, 2007, Annual Book of ASTM Standard Vol. 05, ASTM International.

Geocities, 2008, Biodiesel (Waste-Durability), http://www.geocities.com/ diakses tanggal 1 November 2008

Ccitonline, 2008, Artikel Mekanikal, http://www.ccitonline.com/ diakses tanggal 3 Agustus 2008.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.43.2.139