Biodesulfurisasi Limbah Soda Api

Noegroho Hadi Hs, Sri Kadarwati

Sari


Beberapa jenis bakteri dapat mendegradasi kandungan belerang yang terdapat dalam limbah soda api pada kondisi aerob dan suhu ambien. Bakteri tersebut adalah Pseudomonas sp., Thiobacillus thioparus, Thiobacillus neapolitanus, Thiobacillus sp.

Penelitian dilakukan untuk mencari media yang cocok dan murah. dan mempelajari proses desulfurisasi agar diperoleh kondisi operasi yang optimal.

Hasil sementara menunjukkan bahwa pada perbandingan antara media dan sampel limbah soda 1:5 hasil yang didapat cukup menjanjikan. Perbandingan ini masih belum optimal dan masih perlu pengujian lanjutan.


Kata Kunci


Limbah Soda Api, Bakteri, Desulfurisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cheremisinoff, N. P., 1996, Biotechnology for waste and waste water treatment, Noyes Publica- tions Westwood, New York, USA.

Daumas, S.Massiani, Y. Crousier, 1988, Microbiological Battery Induced by Sulphate Reducing Bacteria, Corrosion Science, Vol. 28, No 11.

Hadi, N., 1996, Pengaruh Belerang Terhadap Pelapis di Kilang Minyak, Lembaran Publikasi Lemigas, Jakarta. No 1.

Hallberg, K.B. and Borje, E., 1994, Characterizasion of Thiobacillus caldus spnov, a moderate Ther- mophilic acidophile, Microbiology J., vol. 140.

Pelczar, M.J and E.C.S. Chan, 1986, Elements of Microbiology, Mc Graw-Hill Book Company, New York.

Shaheen, E. L., 1992, Technology of Environmental Pollution Control, Pennivell Books Pub. Camp., Tulsa.

Udiharto, M., 1997, Desulfurisasi Minyak Bumi dan Medium oleh Thiobacillus thioporus, Proceding Temu Karya Pengolahan, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.36.2.1242