Pengembangan Model Kompresor pada Jaringan Pipa Gas yang Komplek

edward tobing

Sari


Model simulasi jaringan pipa salur gas yang komplek dikembangkan dengan anggapan aliran dalam pipa adalah steady state. Analisis aliran steady state dalam jaringan pipa gas tersebut dilakukan untuk menentukan distribusi tekanan aliran gas pada setiap node dan laju alir pada setiapleg, dengan mengetahui sekurang-kurangnya satu harga tekanan node serta supply atau demand pada node lainnya. Untuk mendesain dan menganalisis sistem jaringan pipa yang komplek dengan adanya peralatan kompresor, posisi leg digantikan oleh kompressor dengan menambahkan dua buah node, yaitu pada suction (inlet) dan discharge (outlet). Model simulasi ini kemudian dapat menghitung daya kuda (horse power) kompresor yang diperlukan untuk mengalirkan gas ke konsumen.


Kata Kunci


model kompresor; jaringan pipa gas

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Tian, S. and Adewumi, M.A., Simple Algorithm for Analyzing Gas Pipeline Networks, paper SPE 25475 presented at the 1993 SPE Production Operations Symposium, Oklahoma City, March 21- 23.

Tian, S. and Adewumi, M.A., Development of Analytical Design Equation for Gas Pipeline, SPE Production and Facilities, May 1994.

Edward ML Tobing., Pengembangan Model Pipa Salur Gas Dengan Menggunakan Model Algoritma Sederhana, Lembaran Publikasi Lemigas, Vol 41 No.3/2007, PPPTMGB LEMIGAS.

Ahmed, T., Hydrocarbon Phase Behavior, Gulf Pub.Co. Houston Texas, 1989

Beggs, H.D., Gas Production Operation, OGCI Publications, Tulsa Oklahoma, 1984.

Berar, G.P. and Eliason, B.G., An Improve Gas Transmission Sistem Simulator, SPE Journal, December 1978, pp 389-398.

Ikoku, C.U., Natural Gas Production Engineering, John Wiley & Son Inc., New York, 1984.

Szilas, A.P., Production and Transportation of Oil and Gas Part B : Gathering and Transportation, 2nd Completely Rev. Ed.,Elsevier, New York, 1986.

Stoner, MA, Sensivity Analysis Applied to Steady State Model of Natural Gas Transportation System, SPE Journal.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.42.3.119