Hubungan antara Porositas dengan Kedalaman untuk Reservoir-Reservoir Batupasir di Indonesia Barat

Bambang Widarsono

Sari


Porositas batuan sebagai data penting bagi kegiatan produksi minyak dan gas (migas) memiliki hubungan yang unik, meskipun bervariasi, dengan kedalaman. Secara umum porositas mengecil dengan bertambahnya kedalaman, dan pengetahuan ini menjadi suatu aset yang sedikit banyak dapat digunakan untuk berbagai aplikasi di industri migas antara lain untuk mengontrol keakuratan porositas hasil evaluasi log sumuran. Pertanyaan yang selalu hadir adalah apakah hubungan antara porositas dan kedalaman yang ada di literatur cukup valid untuk kasus-kasus di Indonesia. Tulisan ini menyajikan usaha untuk mencari validitas bagi hubungan porositas kedalaman yang ada di literatur. Sebagai data penguji diambil porositas 157 percontoh batuan dari 15 lapangan minyak yang berasal dari 6 cekungan di Indonesia bagian Barat. Hasil utama dari studi ini adalah tidak validnya hubungan porositas kedalaman yang ada dan bukti bahwa tingginya tingkat sementasi dan heterogenitas dari batuan-batuan reservoir di Indonesia. Hasil penting lainnya adalah sebuah hubungan matematis porositas kedalaman yang sedikit banyak dapat dianggap mewakili untukreservoir-reservoir di Indonesia Barat.


Kata Kunci


porositas; kedalaman; kompaksi; sementasi; hubungan empiris; validitas

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Atkinson, J.H. dan Bransby, P.L. (1978), The Mechanics of Soil: An Introduction To Critical Soil Mechanics. London, McGraw Hill, 375p.

Gluyas, J. dan Cade, C.A. (1997), Prediction of Porosity In Compacted Sands. In Reservoir Quality Prediction in Sandstones and Carbonates (eds: Kupecz, J.A., Gluyas, J.G., dan Bloch, S.), AAPG Memoir 69, AAPG Publisher, Tulsa Oklahoma, USA 74101.

Ramm, M., Forsberg, A.W., dan Jahren, J. (1997), Porosity Depth Trends in Deeply Burried Upper Jurassic Reservoirs in The Norwegian Central Graben: An Example of Porosity Preservation Beneath The Normal Economic Basement By Grain-coating Microquartz. In Reservoir Quality Prediction in Sandstones and Carbonates (eds: Kupecz, J.A., Gluyas, J.G., dan Bloch, S.), AAPG Memoir 69, AAPG Publisher, Tulsa Oklahoma, USA 74101.

Vesic, A.S. dan Clough, G.W. (1968), Behaviour of Granular Material Under High Stresses. Journal of Soil Mechanics Foundation Division, v. 94, p. 661 688.

Kurkjy, K.A. (1988), Experimental Compaction Studies of Lithic Sands; M.S. Thesis, Rosenteil School of Marine and Atmospheric Sciences, University of Miami, 101p.

Fuchtbaver, H. (1967), Influence of Different Types of Diagenesis on Sandstone Porosity, in W.Ruhl, ed., Proceedings of the 7th World Petroleum Congress, Mexico City, Vol. 2, P : 353-367.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.42.3.116