Ketidaktepatan dalam Pemakaian Model Saturasi Air dan Implikasinya

Bambang Widarsono

Sari


Saturasi air adalah besaran yang sangat penting dalam perhitungan akumulasi hidrokarbon di tempat dan cadangan. Saturasi air pada umumnya diperoleh melalui penerapan model saturasi air saat dilakukan analisis log open hole konvensional. Disebabkan oleh peran pentingnya data tersebut, berbagai model saturasi telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Dengan banyaknya jumlah model saturasi air maka pertanyaan yang masih selalu terdengar di kalangan praktisi adalah: model yang mana yang harus dipakai? Tulisan ini tidak bermaksud untuk memberikan jawaban yang konklusif tapi lebih sebagai usaha untuk mengaktualkan kembali problema yang telah dapat dianggap klasik ini. Dalam tulisan ini dibuktikan kembali diskrepansi estimasi saturasi air yang dapat terjadi dengan menggunakan lima model saturasi air. Demikian pula ditunjukkan efek dari diskrepansi tersebut pada estimasi akumulasi hidrokarbon. Hasil utama dari studi literatur dan hipotetikal ini adalah perlunya mengobservasi beberapa hal penting dengan tujuan untuk mereduksi diskrepansi dan ketidakpastian akibat kesalahan dalam pemilihan model saturasi air.


Kata Kunci


saturasi air; model saturasi air; pemilihan model; ketidakpastian; cadangan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alger, R.P. dkk (1963). Formation Density Log Application in Liquid Filled Borehole. Journal of Petroleum Technology, March.

Archie, G.E. (1942).The Electrical Resistivity Log as an Aid in Determining Some Reservoir Characteristics. Petroleum Technology, Vol. 5.

deWitte, L. (1950). Relations between Resistivities and Fluid Contents of Porous Rocks. Oil and Gas Journal, August 24.

Dresser Atlas (1982). Well Logging and Interpretation Techniques Course for Home Study. Dresser Atlas, Dresser Industries Inc., p: 211.

Fertl, W.H. (1975). Shaly Sand Analysis in Development Wells. Transaction, Society of Well Log Analysts.

Hossin, A. (1960). Calcul des Saturation Eneau par la Methode Cu Ciment Argileux (Formule dArchie Generalisse). Bulletin, AFTP.

Poupon, A., Loy, M.E. & Tixier, M.P. (1954). A Contribution to Electric Interpretation in Shaly Sands. Journal of Petroleum Technology, August, pp: 29 34.

Simandoux, P. (1963). Mesures Dielectriques en Millieu Poreux, Application a Mesure des Saturations en Eau, Etude du Comportement des Massifs Argileux. Revue de lInstitut Franais du Petrole, Supplementary Issue.

Waxman, M.H. & Smits, L.J.M. (1968). Electrical Conductivity in Oil-bearing Shaly Sands. Society of Petroleum Engineers Journal, June.




DOI: https://doi.org/10.29017/LPMGB.42.2.111