Sintesis Nanopartikel Adsorben Desulfurisasi Berbasis Besi Oksida dan Aplikasinya pada Peningkatan Kualitas Gas Bumi

Lisna Rosmayati, Yayun Yayun A, Edi W Edi, Yusep K.Caryana

Abstract


Kandungan zat pengotor dalam gas bumi yang seringkali menjadi permasalahan karena dampak negatif yang ditimbulkannya dan pengaruhnya terhadap penurunan kualitas gas bumi. Salah satu zat pengotor dalam gas bumi adalah senyawa hidrogen sulfida (H2S) yang berpotensi menyebabkan korosivitas pada sistem perpipaan dan peralatan gas bumi karena hidrogen sulfida (H2S) dengan adanya H2O akan membentuk senyawa H2SO4 atau H2SO3 yang bersifat asam. Selain itu, hidrogen sulfida (H2S) juga dapat mempercepat pembentukan hidrat gas dan meracuni aktivitas katalis dalam proses reaksi hidrokarbon. Salah satu cara untuk mengeliminasi H2S dalam gas bumi adalah teknik desulfurisasi, yaitu menggunakan adsorben berbasis besi oksida. Sifat adsoben berbasis besi oksida (Fe2O3) dengan partikel nano memiliki jumlah dan luas permukaan yang besar, sehingga dapat menurunkan kandungan H2S hingga konsentrasi tertentu dengan laju reaksi yang relatif cepat. Reaksi H2S dengan Fe2O3 akan menghasilkan senyawa besi sulfida yang dapat diregenerasi. Teknik ini dapat diaplikasikan pada gas bumi yang mengandung H2S dengan konsentrasi rendah (300 ppm). Sintesis nanopartikel adsorben berbasis besi oksida diketahui memiliki kapasitas adsorpsi yang cukup besar, sehingga dapat menurunkan kandungan H2S hingga konsentrasi tertentu dengan laju reaksi yang relatif cepat. Pembuatan nano partikel absorben Fe2O3 dilakukan dengan menggunakan metode dekomposisi thermal.


Keywords


Synthesis; Desulfurization

Full Text:

PDF

References


T.Sasaki, S. Terauchi, N.Koshizaki, “The Preparation of Irom Complex Oxide nanoparticles by Pulse-laser ablation”. National Institute of Materials and Chemical research, Tsukuba, Ibaraki 305, JAPAN.

“ Theory to Application Nanoparticles, edited by Gunter Schmid, p.203.

Kawai, Tomoji, “Nanotechnology”, Tokyo : Ohmsha publisher, 2002. SINTESIS NANOPARTIKEL ADSORBEN DESULFURISASI LEMBARAN PUBLIKASI LEMIGAS LISNA ROSMAYATI, DKK. VOL. 43. NO. 3, DESEMBER 2009: 237 - 246 246

Jana, N.R, Gearheart, L.Murphy, C.J., Chem. Mater 2001, 13,2313.

Yu, H., Gibbson, P.C., Kelton, J. Am.Chem.Soc. 2001, 123, 9198.

Nurul Dewanti, JBPTITBPP, “Pembuatan adsorben desulfurisasi berbasis besi oksida hidrat dengan aditif aluminium dan pembuatan alat uji adsorpsi dinamik, 2007.