Analisis Kebijakan Amdal dalam Mencegah Kerusakan Lingkungan pada Kegiatan Usaha Migas

Yusni Yetti

Sari


AMDAL sebagai suatu kajian mengenai dampak besar dan penting pada suatu kegiatan usaha yang direncanakan pada lingkungan hidup, diharapkan lebih efektif dan efisien karena merupakan satu-satunya dokumen lingkungan yang berkekuatan hukum dan merupakan dokumen publik. Penelitian ini bertujuan merumuskan kebijakan AMDAL yang efektif dan efisien dalam mencegah kerusakan lingkungan pada kegiatan usaha Migas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian terdiri atas: descriptive analysis, principal component analysis, analytical hierarchy process dan focus group discussion dan total economi valuation. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kebijakan AMDAL Migas yang efektif dan efisien dilakukan melalui peningkatan kualitas dokumen AMDAL, penguatan hukum dan kelembagaan AMDAL, dan penyempurnaan prosedur penyusunan AMDAL. Strategi implementasi dalam rangka peningkatan kualitas dokumen AMDAL dilakukan melalui peningkatan kualitas penyusun AMDAL dan penekanan pada substansi dokumen AMDAL. Strategi implementasi untuk penguatan hukum dan kelembagaan AMDAL Migas dilakukan melalui penguatan lembaga komisi dan tim teknis, persentase kontribusi migas yang lebih baik, serta penyempurnaan mekanisme keterlibatan masyarakat. Strategi implementasi untuk penyempurnaan prosedur penyusunan dilakukan dengan efisiensi waktu penyusunan dan pembentukan lembaga independen.


Kata Kunci


kebijakan; kerusakan lingkungan; AMDAL; minyak; gas bumi; efektif dan efisien

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Bengen DG., 2002, Sinopsis Ekosistem dan Sumberdaya Alam Pesisir dan Laut serta Prinsip Pengelolaannya. Bogor, Pusat Kajian Sumber daya Pesisir dan Lautan-IPB, Institut Pertanian Bogor.

Eriyatno dan F. Sofyar., 2007. Riset Kebijakan. Metode Penelitian Untuk Pascasarjana, IPB Press, Bogor.

Maarif,S.danH.Tanjung.,2003,Teknik-Teknik Kuantitatif untuk Manajemen, Grasindo, Jakarta.

Munasinghe,M.,1993,EconomicandPolicyIs- sues in Natural Habitats and Protected Crew. Pro- tected Area Economis and Policy, Lingking Con- servation and Sustainable Development, Edited by Mohan Munasinghe and Jeffrey McNeely, Jour- nal of World Bank. Washington DC.

Murdiyarso D., 2003, CDM: Mekanisme Pembangunan Bersih. PT Kompas Media Nusantara, Jakarta.

Saaty, T.L., 1993, Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin (Proses Hierarki Analitik) untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi Kompleks), Terjemahan. Jakarta : PT Pustaka Binaman Pressindo.

Suratmo, G.F., 2002, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

[WCED]WorldCommisiononEnvironmentand Development. 1987, A Global Perspective. Ox- ford UK. Blackwell Business. London.